TV POLYTRON/DIGITEC OSD TIDAK TAMPIL

TV POLYTRON/DIGITEC OSD TIDAK TAMPIL

Kali ini saya mau share satu lagi pengalamanKu yang baru belajar ini.Kali ini adalah pengalaman servis tv politron/digitec dua brand ini hampir sama. Servisan kali ini dengan keluahn saat tv dinyalakan blank layar gelap ndakada tampilan.


Ternyata kerusakan hampir sama dengan yang telah saya tulis beberapa saat yang lalu yaitu hilangnya catu daya 5volt untuk program. namun kali ini penyebabnya adalah iduktor l no berapa saya lupa yang pasti letaknya setelah tr dan menuju tombol panel dan sensor.

Setelah komponen yang bentuknya kayak resistor itu saya ganti, tv taknyalain gambarpun di layar tampil sempurna, akan tetapi setelah coba pindah cenel ternyata osd ngak nongol entah kemana. Weeeh nongollah masalah selanjutnya.

Setelah cek sana suni ketemulah induktor l nomer berapa saya lupa yang jelas letaknya dekat ic program dalam kondisi putus. setelah saya ganti osd tampiul namun tampilan osd sangat besar, itu karena saya ganti dengan sembarang tanpa perhatiin nilainya.

Setelah ku ganti dengan warna gelang yang sama tv Kunyalakan dan osd tampil normal bin sempurna. syukur akirnya selesei juga dan legalah rasanya.




ARTIKEL TERKAIT LAINNYA:





Posted by Mus Jono, Published at 10:20 PM and have 3 komentar

3 komentar:

  1. Trm ksh atas infonya

    ReplyDelete
  2. tanya bang tv polytron layar ga nyala osd juga tdk tampil tp di speaker ada suara mendesis kemrosok itu kerusakan dimana bang? mohon bantuannya...

    ReplyDelete