MENGATASI PERCIKAN API DARI COP DAN KABEL PLAYBACK

MENGATASI PERCIKAN API DARI COP DAN KABEL PLAYBACK


MENGATASI PERCIKAN API DARI COP DAN KABEL PLAYBACK DI CRT--   Beberapa saat lalu telah saya posting tentang MEGATASI KEBOCORAN PADA BODY PLAYBACK, dan saat itu belum sempat memasukan tentang hal ini maka Kali ini akan saya share pengalamanKu mengatasi kebocoran playback pada cop playback di tabung/crt dan didalam membuat sambungan kabel cop playback.


  1. KEBOCORAN KARENA PECAH/RUSAKNYA COP/CANKLONG SILICON/KARET
Cop silicon/karet pada Tabung/crt terdapat percikan api sering sekali terjadi kareena cop playback berlubang, pecah atau mungkin sudah tidak elastis lagi, sehinga terjadi kebocoran tegangan tinggi dan api memercik dari cop playback.
Solusinya ganti cop playback dengan yang masih bagus tidak ada lubangnya dan yang masih elastis. Kalo tabung/crt belum tegores akibat percikan api biasanya bisa lamgsung sembuh. Tidak memercikan api lagi.


  1. KEBOCORAN KARENA COP TIDAK ELASTIS SEHINGA BOCORNYA SAMPAI MENGGOES TABUNG/CRT
Kadang bocor antara cop playback dan bodi tabung/crt sampai mengakibatkan tergoresnya bodi tabung/crt. Kebocoran semacam ini biasanya menurut yang telah saya alami tidak bisa di atasi hanya dengan menganti copnya saja.
Untuk mengatasinya biasanya saya gunakan AUTOSILER. Silicon yang berbentuk pasta dan bila kering berubah menjadi sil/seperti karet. Pilihlah AUTOSILER yang kualitas bagus karena beberapa kali saya menemui atosiler yang tiak kunjung kering atau juga pernah mendapati autosiler yang tidak merekat saat saya gunakan untuk di oleskan di sekitar lubang cop tabung/crt

Ratakan SILICON pada sekitaran lubang untuk cop playback, setelah rata cop playback bisa langsung dipasang dan tunggu ½ sampai 1jam hinga pasta silicon mengering dan berubah menjadi sil/seperti karet.

Namun saya lebih suka mengoleskan disekitaran lubang cop playback dengan agak tebal dan saya haluskan dengan thiner atau bensin dan menunggu kering atu pasta berubah menjadi sil/seperti karet baru setelah itu cop playback saya pasang. Halini dimaksutkan apabila mau melepas cop playback silicon yang melapisi bodi tabung/crt tidak rusak. Dan tidak harus menambalnya lagi.


  1. KEBOCORAN PADA KABEL COP PLAYBACK.
Sering juga kebocoran pada kabel cop playback sehinga kabel harus dipotong dan menyambungnya. Penyambungan kabel karena dilalui tegangan yang sangat tingi sekali maka diperlukan perlakuan khusus didalam memyambungnya.

Didalam menyambung kabel playback,Tidak bisa hanya asal mensolasinya. Karena kalo hanya di solasi hal itu akan sia-sia saja. Karena sudah pasti kebocoran akan terjadi lagi.

Untuk melapisi sambungan kabel playback saya biasa gunakan lem  bakar yang berupa lem plastic namun saat melapisi dengan lem bakar harus benar-benar teliti dan tdak terjadi gelembung udara didalam melapisi dengan lem plastic bakar.

Untuk menyambung kabel cop playback agar tidak bocor dan terjadi percikan api bisa juga kita gunakan selang bakar.

Bisajuaga Kita sambung degan cop playback yang kita ambil yang berbentuk selang saja dan kita buang yang berbentuk cop. Sabungan kabel kita taruh didalam selang cop playback dan setelah itu dibalut dengan isolasi, sebaaiknya isolasi kita ambil dari isolasi bekas untuk membalut kumparan deghausing. Karena menurut pengalaman lebih baik isolasi bekas degaussing daripada isolasi baru.

Demikianlah pengalamanKu megatasi BOCRYA PLAYBAK DARI COP DI TABUNG DAN didalam MEMBUAT SAMBUNGAN KABEL COP PLAYBACK SEMOGA BERMANFAAT.




Artikel lainnya:



Posted by Mus Jono, Published at 12:12 PM and have 9 komentar

9 komentar:

  1. susah skl cari fbt bsc-25-0218n rev01

    ReplyDelete
  2. makasih gan udah di kasi tau cara ngatasinn percikan api
    sangat berguna gan

    ReplyDelete
  3. Makasih nambah pengalaman/ilmu

    ReplyDelete
  4. Makasih nambah pengalaman/ilmu

    ReplyDelete
  5. Autosiler yg bagus merk'e-nya apa gan.? Dan berapa kira2 harganya. Suwun

    ReplyDelete
  6. makasih atas ilmunya ya master ^_^
    mungkin disini saya mau nambahin sedikit informasi kalau cara diatas sudah dipraktekkan dan masih ada percikan apinya mungkin bisa diganti karet cop flybacknya dengan yg baru ya ^_^
    saya ada referensi situs yg jual cp fbt baru,silahkan dikunjungi

    https://www.bukalapak.com/p/elektronik/lain-lain-208/hqaa1-jual-kop-karet-flyback-baru

    ReplyDelete