TV DAN MONITOR MATI TOTAL POWER TIDAK KERJA

TV DAN MONITOR MATI TOTAL POWER TIDAK KERJA



MONITOR DAN TV MATI TOTAL POWER TIDAK KERJA.-  Didalam menangani tv maupun monitor crt dengan keluhan mati total pada dasarnya adalah kita duga dari yang palin mudah dan paling ringan dulu. Hal ini saya tulis karena pengalamanku saat belajar servis suka takut  dan grogi jika menghadapi sevisan dengan keluhan matitotal. Padahal terkadang servisan dengan keluhan matitotal penyebabnya adalah hal yang sepele. Walaupu adajuga kerusakan mati total disebabkan karena komplikasi kerusakan.

Namun didalam servis jangan berfikir yang sulit-sulit dulu melainkan kita pikirkan kemungkinan yang termudah dan terringan dulu. Maka disini Saya akan share pengalamanKu didalam menangani tv/monitor dengan keluhan  mati total.


  1. TEGANGAN PLN BELUM  MASUK.
Tegangan Pln belum masuk.- Untuk mengetahuinya colokan pada stop kontak dengan posisi saklar power on, maka bagi yang telah terbiasa akan terasa tegangan pln sudah masuk power atau belum ditandai adanya sedikit percikan api pada stop kontak.

Kemungkinan Belum Masuknya Tegangan Pln ke power mungkinan disebabkan Kabel power putus, Saklar rusak, ada solderan mapun jalur yang retak atau terbakar.

Cek bagian-bagian tersebut dan ganti bila ada komponen-komponen tersebut rusak, Solder ulang dan smbung/jumper  apabila ada solderan atau jalur yang retak atau terbakar.

Kemungkinan lain Belum Masuknya Tegangan Pln ke Power adalah putusnya sikring/fuse

  1. PUTUSNYA SIKRING/FUSE
Apa bila menemui servisan mati total dengan kasus sekring/ fuse putus setelah pengantian komponen tersebut jangan buru-buru mencoba menyalakan dahulu. Karena kemungkinan putusnya sikring/fuse disebabkan adanya kerusakan pada komponen komponen yang lain.

Periksa komponen komponen di bagian power, Transistor/STR/FET Tr keci,l dioda-dioda maupun zd di bagian Power, begituy juga periksa Komponen-Komponen utama lainya sepeti Transistor Horisontal Dan Transistor-Transistor serta dioda-dioda utama lainya.

Setelah semua komponen-komponen tersebut di cek dan ganti bila rusa dan yakinkan semua pengukururan komponen-komponen utama normal, barulah siap untuk dites untuk di nyalakan.

  1. MATI TOTAL ELCO POWER MENYIMPAN TEGANGAN
MATI TOTAL ELCO MENYIMPAN TEGANGAN.--   Kerusakan tv maupun monitor mati total sedang Elco Power menyimpan Tegangan hal itu disebabkan bermacam-macamk sebab. Namun paling sering adalah dari bagian powernya.
Pertama-tama setiap mau mengecek bagian power pastikan menetralkan tegagan pada elco besar 400volt. Kalo tidak bisa-bisa tersengat tegangan 400volt dari elco ini yahh lumayan sakit… atau mungkin sat mencoba mengutak-atik bagian powe malah konslet dan merusak komponen yang seharusnya tidak ada masalah malah jadi karena tgangan dari elco besar di power yang masih menyimpan tegangan.

Jamper kaki positif dan negative elco tersebut, untuk menetralkan teganagan yang tersipa. Hati hati saat menjamperya, karena akan terjadi suara ledakan saat menetralkan elco tersebut apabila langsung dijamper memakei tang mauon obeng.

Kalo Saya lebih sering menetralkan tegangan yang tersimpan di elco power memakai jac solder, sehinga sisa tegangan dialirkan ke elemen solder sehinga tidak langsung konslet dan menimbulkan ledakan.

Setelah tegangan di elco power netral periksa komponen komponen di bagian POWER. Yang paling sering kerusakan Matitotal Elco Power Menyimpan Tegangan disebabkan putusya resistor kilo besar yang biasanya dari kaki positif elco power ada resistor sekian kilo ohm untuk mensuplay vcc pembangit power. Ganti resistor tersebut jika putus.

Periksa resistor-resistor lain dan juga transistor dan dioda serta zd pendukung yang berada di bagian Power. Gganti komponen2 komponen tersebut jika rusak.

Apabila komponen-koponen trsebut oke semua dan kerusakan masih sama coba ganti ic power bila pembankit power memakai ic degan ic yang sama.

Dalam beberapa kasus kerusakan  Monitor, kerusakan pada travo Playback juga kadang menyaebabkan MATI TOTAL ELCO POWER MENYIMPAN TEGANGAN 




Artikel lainnya:



Posted by Mus Jono, Published at 12:21 PM and have 7 komentar

7 komentar:

  1. sy punya Tv Lg 21'' Kondisi Mati stanby

    ReplyDelete
  2. slm kenal boz. Aku ni pemula. Mau tanya ni. Kalo tv politron crystaline dinyalain hanya terdengar bunyi zzztttt... Tu rusak dmna boz?

    ReplyDelete
  3. bos kok penjelasanya simple banget soalnya diluar perkiraan.soalnya saya mau nanya tv polytron 21 inc mati total tapi lampu indikator kedip terus apanya ya sedangkan tegangan semua saya ukur bagus cuma satu yang 33 vdc yang tidak stabil teganganya semua komponen sudah saya cek kira kira apanya bos terima kasih

    ReplyDelete
  4. Bos sy punya tv polytro komponin ruqulator sdh tdk ada sebagian. Ziner 13volt x. Dan sy
    Tata ulang componin ziner x tempat nya gak tau mhn solusi x

    ReplyDelete
  5. cari layar tv LG LED LN-5100...punya sy pecah layarnya

    ReplyDelete