DIGITEC DM DM1440 JADUL MATI-BLANK

DIGITEC DM DM1440 JADUL MATI-BLANK



DIGITEC DM 1440 MATI-BLANK--- Digitec jadul degan tipe DM1440 servisan kali ini datang dengan keluhan mati total. Setelah1440 saya test dan saat di nyalakan hanya bunyi sissssssss.

Setelah mengetahui gejala kerusakan maka casing langsung aku buka dan karena nesin tv ini sangat kotor dengan tebalnya debu maka kubersihkan dahulu debu-debu yang menempel dengan kuas sampai bersih.

Setelah itu saya amati fisik dari komponen terlihat elco B+ playback 100uf160volt  terlihat memgembumg dan elco kecil di sebelahnya4,7uf250volt juga mengembung. Elco-elco tersebut saya lepas dan diganti dengan yang baru dan tidak lupa solderulang semua bagian-bagian yang terlihat retak. 

Selesei penyolderaan bagian-bagian yang rentan terhadap keretakan tv saya tes dinyalakan dan suara desis sudah tidak terdengar lagi dan tvpun menyala, akan tetapi tampilannya hanya blank putih, lalu saya lihat diblog bagian RGB yang tadi belum sempat saya solder ulang ternyata di beberapa bagian terjadi keretakan dan lansung saya solder ulang semua bagian di blog matrix/RGB.

Tv saya nyalakan kembali dan saya lihat hasilnya masih tetap sama tampilan Cuma putih polos. Kemudian saya lepas elco yang ke Rgb 10uf250volt tenyata salah satu kakinya rapuh karena korosi dan tidak nyambung lagi. Maka elco tersebut saya ganti dengan yang baru . tv saya nyalakan kembali dan kini tampilan layar normal kembali.


digitec jadul mati
digitec jadul blank
digitec DM1440



Posted by Mus Jono, Published at 9:37 PM and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment