TAMPILAN LAYAR TV MELENGKUNG-LENGKUNG TERSERET DARI KANAN KEKIRI

TAMPILAN LAYAR TV MELENGKUNG-LENGKUNG TERSERET DARI KANAN KEKIRI



TAMPILAN LAYAR TV MELENGKUNG-LENGKUNG TERSERET DARI KANAN KEKIRI--  Servisan kali ini datang televisi China 21” merk Bomba dengan keluhan tampilan gambar seperti riak-riak air yang mengalir/melenkung-lengkung dari kanan kekiri hinga tmpilan gambar tidak karuan, namun suara terdengar normal-normal saja.

Setelah mengetahui gejala kerusakan, casing saya buka dan lansung saya solder ulang semua bagian-bagian yang retak dan yang rentan terhadap keretakan terutama komponen-komponen yang panas berlebih. Selesei solderulang tv saya nyalakan untuk melihat hasilnya, namun ternyata masih sama saja tak ada perubahan.

Perkiraan saya kerusakan terjadi di bagian vertical, maka elco-elc dibagian vertical saya ganti semua namun setelah tv saya coba nyalakan ehhh masih sama saja ga ada perubahan sama sekali, tanpa piker panjang ic verticalpun saya ganti karana sudah pernah mengalami hal demikian disebabkan karena rusaknya ic vertical. Setelah pengantian ic vertical tv coba saya nyalakan terrnyata juga nassih tetap sama.

Semuaq bagian vertical saya cek dan sepertinya normal semua. Karena bingung belum tau kerusakan di bagian mana, maka iseng-iseng elco yang untuk RGB walaupun terlihat masih bagus saya coba ganti dengan yang baru.

Elco Untuk RGB saya ganti dengan 47uf250vol dan selesei pengantian elco tersebut Tv saya nyalakan dan byak . tampilan sudah tidak melenkung-melenkung terseret dari kanan kekiri alias alias sudah normal kembali.

Teryata kerusakan haya pada elco RGB namun pengantian kok macam-macam hehehe, yang rusak apa yang diganti mana. Namun takapalah yang penting kelar juga.




tampilan
 layar tv melengkung-lengkung
tampilan layar tv seerti riak air
gambar melengkung terseret dari kanan ke kiri



Posted by Mus Jono, Published at 12:58 PM and have 1 komentar

1 komentar:

  1. tv politron mlelengkung gambarnya itu masalahnya apa kapasitorny rusak ya

    ReplyDelete