RUSAK TUNER PADA TV DIGITEC/POLYTRON

RUSAK TUNER PADA TV DIGITEC/POLYTRON

RUSAK TUNER PADA TELEVISI DIGITEK / POLYTRON-- Kerusakan Pada Tuner televisi bermacam-macam gejalanya. diantaranya siaran yang diterima bergoyang goyang, bergaris garis, tidak dapat menerima siaran dan masih banyak lagi gejala-gejala lainnya.

Kali ini saya tulis yang ku alami tentang kerusakan Tuner pada tv Digitec maupuun Polytron. Kerusakan seperti ini beberapa kali Kualami. Tuner televisi Digitec atau Polytron yang sering terjadi trobel adalah pada tuner yabg bentuknya kecil yang kali ini Tuner dengan nomer seri polytron / EWT-SF6T43-E01W 10 11185. Gejala kerusakan tuner ini bermacam macam sebagai mana yang disebutkan tadi, walaupun gejala ini bukan hanya terjadi karena kerusakan pada Tuner Televisi.


Pengalaman yang saya tulis ini saat memperbaiki Tivi Digitec 14" Dua Tvc yang sama sama rusak Tunernya. Tv Digitec ini mengunakan ic tunggal / singgel HBT-00-04G yang satu Televisi sama sekali tidak bisa menerima siaran, di Search auto maupun manual tidak nyangkut sama sekali. setelah casing belakan di lepas saya cek tegangan 33vol di kaki tuner terukut cuma 1,5 volt dan diukur tegangan sebelum R 101 tegangan utuh 33volt. R101 50kiloohm tak lepas kaki sebelah dan diukur normal-normal aja.

tuner langsung tak lepas dan dibelikan pengganti di toko, wlaau gak dapat yang sama persis namun dari posisi kaki sama tetep tak beli dan saya pasang saja, selesei pemasangan tuner, televisi dinyalakan dan antena dipasang trus auto search, Nongoldeh semua siaran televisinya dan selesei sudah permasalahannya.

sedangkan televisi yang satunya, gejalanya siaran Tv terkadang hilang, bila di search chanel terkunci, namun beberapa saat kemudian hilang kembali. tuner saya lepas dan tak bongkar lalu saya solder di komponen-komponen tuner itu. Setelah selesei tuner dipasang kembali dan televisi dinyalakan tampilan gambar sudah noramal.

diangap sudah selesei casing ditutup kembali dan dibaqwa pulang yang punya. selang tiga hari kerusakan kambuh lagi dan hingap kemeja kerja lagi. tanpa pikir panjang tunrer kulepas dan belikan baru. tuner baru dipasang dan seleseilah dengan tiada kambuh hilang siaran lagi.

 tv polytron rusk tuner
tv digitec rusak tuner
siaran berubah-rubah
auto search tidak bisa
semi search tidak terkunci juga



Posted by Mus Jono, Published at 5:01 PM and have 2 komentar

2 komentar:

  1. mau nanya mas,tv saya digitec ninja,gambar terkadang mau hilang,tapi seteleh saya gedor atau saya gebukin,gambar nya ada lagi.begitu seterusnya.kira kira masalahnya apa ya mas?thanks sebelumnya mas....

    ReplyDelete
  2. Bang klo Tv Sharp klo Auto/Manual Search Tv lngsung mati stby..tpi klo D203 yg 1 kakix mnuju kakibTuner 30v sy lpas..Tv bsa di Search tpi tak 1 pun siaran terlihat wktu di search,,cm semut doang..sbelum sy cut kaki D203..siaran kadang ada kadang hilang jga...Mhon bantuanx..

    ReplyDelete