KERUSAKAN DEFLEXI PADA TV SANYO FLAT

KERUSAKAN DEFLEXI PADA TV SANYO FLAT

KERUSAKAN DEFLEXI PADA TV SANYO FLAT---Selamat datang sobat di Donggupit Blog Kali ini Saya tulis Pengalaman saat memperbaiki tv Sanyo Flat 21 Inchi dengan keluhan gambar menyempit tinggal tampil di tengah sedikit warna tidak singkrun dan tampilan kecil sedikit trapesium sebagaimana terlihat pada gambar.
kerusakan tv sanyo, gambar menyempit, trapesium
Setelah mengetahui gejala kerusakan seperti itu langsung Tv Sanyo Flat ini Tak bongkar dan tak amati fisik dari komponen-komponennya barangkali saja hanya di-sebakan bocornya elco yang biasanya di tandai dengan mengembung bodinya. Dari pengamatan fisik tidak terdapat kejanggalan pada konponen-nya.

Fileng saya kerusakan Tv Sanyo ini disebabkan deflexi youke-nya mungkin ada yang putus terbakar atau entah kena apa. Untuk memastikan-nya Tv saya nyalakan dan saya amati bagian defleksi yang berbentuk konde yang menempel di belakang tabung crt, namun tidak terjadi reaksi yang janggal seperti keluar asap atau sejenisnya.

Selanjutnya deflexi yoke tak lepas dan tak amat-amati juga sepertinya tidak terjadi kerusakan namun saya tetap curiga kerusakan pada deflexi youke-nya. Untuk meyakinkan dugaan saya deflesi youke saya pasang dengan deflexi jenis biasa dan ternyata benar dugaan saya, Tv Sanyo Flat ini eror pada deflexi-nya. Kini tampilan sudah bisa lebar malah terlalu lebar sedikit bagian verticalnya. Ya iyaalah mas songgo banget juga.. Orang deflexi bukan peruntukannya.

Setelah yakin kerusakan pada deflexi langsung meluncur ke toko sparepat elektronik terdekat dan yang tesedia adalah deflexi untuk tv flat namun tidak sama persis. Ya udah adanya itu saya ambil saja seharga delapan puluh tiga ribu rupiah, kemahalan kagak ya?... Arebarang lah.. entar tinggal minta ganti ama yang punya ini Tv aja pusing amat.

Deflexi telah di dapatkan dan langsung dipasang lengkap dengan gelang puritas warna dan setel puritas untuk mensingkrunkan warna. Setelah warna singkrun dan tamplan warna normal, tinggal menyempurnakan tampilannya saja.

Karena deflexi pengganti tidak sama persis dengan deflexi asli pasti ada saja kekurangannya. Lebar vertical kurang sedikit dan lebar Horisontal terlalu lebar sedikit.

Untuk menambah lebar vertical kudu masuk menu servis. Cari-cari Cara masuk servis mode tv Sanyo ini di blog rekan-rekan eh... ketemulah di blog sumber inspirasi saya membuat blog ini, itulah blog kang Sumaryanto yang punya aisy-romadhona.blogspot.com/ termikasih kang Sumaryanto yang telah meng inspirasi Saya membuat blog ini. Namun sejak saya mengenal blogger sejak itu pula saya folow blog Kang Sumaryanto, Namun entah kenapa sejak saya folow hingga saat saya tulis ini belum pernah update Sekalipun bahkan sampai saat ini saya belum berani komen di Blognya kang Sumaryanto. Pokoknya Terimakasih sebesar besarnya untuk Kang Sumaryanto yang telah mengispirasi Saya dengan karyanya di aisy-romadhona.blogspot.com

Kembali ke pokok bahasan untuk masuk menu servis tv sanyo jenis ini caranya: 
Nyalakan Tv lalu tekan dan tahan tombol MENU pada panel Tv lalu Pencet tombol angka 1 pada remote untuk masuk menu DATA,untuk memilih data yang akan di rubah tekan tombol MUTE untuk DOWN/ke
bawah,atau tombol TIMER untuk UP/keatas, untuk ADJUST gunakan VOLUME -/VOLUME+, setelah selesai mengubah yang di ingini SAVE/EXIT gunakan tombol MENU pada remote/tv atau matikan Tv.

Masalah Kekurangan bagian vertical dari penggantian youke yang kurang sesuai ini selesai dengan mengubah parameter vertical di menu servis, kini tinggal mengurangi kelebaran pada Horisontal, agar tampilan lebih menyempit di kurangi sediki nilai capasitor horisontalnya sehingga tampilan pas tak terlalu lebar. Kini sempurna sudah tampilan tv Sanyo muka datar ini setelah pengantian Deflexi yoke walau tak sama persis pengganti Deflexi youke dengan aslinya.

Terimakasih sobat semua yang kesasar ke blog saya mungkin belum menemukan solusi masalah disini yang penting tetap semangat saja dan sekiranya masih ada waktu bolelhah baca-baca dulu Sharing pengalaman Saya lainya di sini selain ini posting Tv Sanyo Flat Rusak Deflexi Youke Warna Tidak Singkron Tampilan Menyempit Trapesium.



Posted by Mus Jono, Published at 10:48 PM and have 3 komentar

3 komentar:

  1. Keren mas blog nya..btw saya punya tv politron flat ada suara cetek cetek setelah tak injen ternyata ada lidah ular warna biru yg menjulur julur eeeh tajutbpokoke di kabel playback apa ya yang ngarah ke tabung...gimana mas ngatasinya...dan klo pas bisa on beberapa m3nit tv langsg standby...gimana mas solusinya

    ReplyDelete
  2. Kenapa mesti di ganti yoke ya.di bongkar saja yoke bagian vertikal.ada lilitan yoke yg putus krn di serang jamur.kalau di tukar yoke coforgen tidak akan nyatuh 100% sayang tv jd cacat

    ReplyDelete
  3. Gelang puritas warna bawakan pabrik tetap lebih akurat kenapa di ganti juga.saya pastikan conforgen ya pasti berbayang.bila pada saat membukak gelang puritas patah dan kerusak yoke seprti itu anda menukar yy baru bisa di pasti kan ada teknisi tv junior.Sekedar saran apa bila anda masih junior di dlm ilmu memperbaiki tv.perbanyak kawan2 satu profesi di satu kota yg sama yg lebih senior.agar bisa konsultasi sebelum mengambil tindakan.krn sayang bil menjadi cacat

    ReplyDelete