SERVIS TV GAMBAR NORMAL TAK ADA SUARA

SERVIS TV GAMBAR NORMAL TAK ADA SUARA

Servis Tv Ada Gambar Tak Keluar Suara--- Servis Reparasi Televisi dengan kerusakan Gambar tampil Normal akan tetapi Bisu alias Suara tidak ada sama sekali Beragam macam serta bagian dari kerusakannya, dan di sini saya sekedar berbagi apa yang pernah Saya alami dengan Problem kerusakan Televisi/Tv dengan Keluhan Tampilan Gambar Normal akan tetapi Suara Tidak Keluar dengan berbagai penyebab kerusakannya diantaranya:


KERUSAKAN SPEKER
Rusaknya sepeker Pada TV yang menyebabkan tv bisu tidak kelua bunyi suaranya karena putusnya kumparan speker sehingga siknyal listrik dari Ic soun amplifier/Ic pengeras suara tidak berubah jadi magnet statis yang menggerakkan membran speker sehingga tidak terjadi suara. Cek dan ganti speakernya bila memang rusak/putus.

RETAK/LONGGAR PADA TIMAH PATRIAN
Keretakan timah patrian yang menghubungkan satu komponen ke komponen lain sering sekali membuat Tv tiada bunyi alias bisu, Solder ulang semua bagian yang retak dan pada komponen yang sering timbul panas berlebih, dalam kasus ini terutama pada Ic Sound amlifier dan komponen yang terkait serta Ic Crhoma.

RUSAKNYA IC AMLIFIER/IC PENGERAS SUARANYA
Periksa Ic Suara, Ganti jika terbakar ataupun berubah warna dan sebelum mencobanya pastikan cek semua komponen yang terkait Ic ini, di antaranya:

CEK TEGANGAN CATU DAYA IC SUARA
Bila tegangan belum ada pada catu daya untuk Ic Suara cari permasalahannya, mungkin ada Resistor putus, Dioda putus/Short/Bocor atau mungkin ada jalur yang putus, ganti komponen serta perbaiki kerusakannya

ELCO FILTER KE SPEAKER PUTUS
Putus/Rusaknya Elco Filter yang menuju Sepiker Sering Di temui mengakibatkan Tv Bisu tak keluar Suara. Ganti dengan Elco baru

PASTIKAN IC SOUND AMLIFIER/IC PENGERAS SUARA TELAH BEKERJA
Cari input suara pada Ic Soun Amplifier/Ic Pengeras suara yang biasanya di filter oleh Capasitor/Elco, lepas solderan pada salah satu kakinya dan coba sentuh dengan jari, bila bersuara mendengung berarti normal, bila tidak cari permasalahan sebagaimana permasalahan-permasalahan di atas

RUSAK TRANSISTOR PADA INPUTNYA
Setelah di pastikan Ic Pengeras Suara Bekerja Telusuri jalur inputnya Sering kali Putus atau Bocor/Short Pada Transistor tr pada jalur ini juga menyebabkan Suara mati ataupun eror volume suaranya.

PUTUS PADA JALURNYA
Sering juga Putus Jalur karena retak Pcb atau mungkin Korosi pada tembaga Jalur penghubung Komponen komponen juga menyebabkan Tv Tak berbunyi. Periksa jalur jalurnya sambung jika putus karena RETAK, KOROSI maupun sebab lainnya.

NILAI KOSONG PADA MENU SUB VOLUMENYA
Pernah juga Tv Bisu tak ada suara karena nila pada Sub volume kosong atau dalam angka 0/Nol, mungkin sebelumnya tidak sengaja merubahnya, tak sengaja reset, berubah sendiri atau mungkin karena penggantian Ic memori, Cari kode servis Tv-nya (silahkan googling saja) dan cari sub volumenya jika nilainya 0/nol/kosong rubah nilainya seperlunya.

KERUSAKAN PADA IC CHROMA
Mungkin saja kerusakan yang mengakibatkan Tv tak keluar bunyi suara disebabkan Ic Chroma walau saya sendiri belum pernah mengalami hal demikian namun mungkin saja kerusakan karena rusaknya Ic Chroma. Yang pernah saya alami rusaknya Ic Crhoma disertai gejala lainnya.

Demikinanlah yang bisa Saya tulis Tentang Ketusakan Tv Yang tak Keluar Bunyi Suara alias bisu saja dan mungkin masih banyak penyebab lain, Tetap semangat dan di coba cari solusiya. Semoga bermanfaat.






Posted by Mus Jono, Published at 4:14 AM and have 6 komentar

6 komentar:

  1. gambar tv bagus tapi suara seperti tv rusak seperti ga pake antena. sudah pindah channel kemana mana tetap saja suara rusak. awal kejadian dulu pernah di atur lewat remote tv tiba tiba suara langsung rusak. Setelah suara tv rusak, remote tv bawaan mesin w-com nya tidak bisa berfungsi lagi. sudah di coba dengan remote digital pencarian otomatis tetap saja tidak bisa.
    tv adalah rakitan dengan rangkaian tv merk w-com.
    mohon ada yang bisa ngasih solusi cara perbaikannya. tolong send email ke : asmedbaihaqie1@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasusnya kayaknya mirip sama saya dibawah

      Delete
    2. kemungkinan itu setingan B/G D/K sama I gan tapi mungkin lho saya juga ga paham

      Delete
  2. Gan mau nanya nih, tv nangkep siaran, gambar bening suara bisu, tapi kalau pake vcd player gambar normal suara normal, ada satu lagi gejalanya yaitu ga bisa nyangkol buat pencarian otomatis,,,
    Apa ada solusinya gan? Terimakasih sebelumnya.. :)

    ReplyDelete
  3. gan udah ku coba parameter mode nya tapi suara tetap gak keluar gi mana ni gan ?

    ReplyDelete