WARNA BERUBAH KARENA EROR TRANSISTOR WARNA PADA TV

WARNA BERUBAH KARENA EROR TRANSISTOR WARNA PADA TV

Tv warna berubah karena eror pada transistor warna


  •  WARNA BERUBAH KARENA EROR TRANSISTOR WARNA PADA TV--- Kerusakan Tv yang warnanya kadang normal kadang berubah-rubah jadi kuning, unggu atau yang lainnya paling, sering kerusakan seperti ini disebabkan karena retak atau longgar timah Solderannya. Namun ada kalanya kerusakan begini karena Eror pada Transistor(TR) warna yang mana pengalaman saya dahulu saat baru awal-awal belajar pernah bikin puyeng juga.

Kalau hanya karena pecah/longgar solderannya di solder ulang warna langsung pulih normal lagi, namun pengalaman saat pertama kali mereparasi tv yang Eror Tr Warnanya, Setelah di solder ulang warna normal, di sangka sudah normal Tv di tutup di rapikan eh selang beberapa saat warna berubah lagi hingga sempat bingung mencari apa penyebabnya.

Karena warna yang kadang hilang adalah warna biru maka cobalah di tukar Transistor untuk warna Biru Ke transistor Warna Merah Setelah beberapa Saat di hidupkan normal dan pada saat warna berubah baru deh ketahuan kalau ternyata eror Salah satu Transistor RGB yang yang mengatur warna Merah Hijau Biru, semula warna Biru yang kadang Hilang kini ganti warna merah yang kadang hilang.

Maka di gantilah ransistor Yang Eror tadi Dan Baru Ketahuan dah Bahwa Tv yang warnanya berubah rubah disebabkan Karena Eror alias Transistor(TR) Warnanya Setengah Mati.




Posted by Mus Jono, Published at 4:56 AM and have