catatan reparasiku

catatan reparasiku

Bikin blok tapi  bingung gaktau mo diisi apayaa?. Mklun ini blog dibikin sama cah bodho lealeo yang super gaptek. Ga berpendidikan dan berasal dari kapungan ndeso uthok ulon.
Karena kebingungan mikiri blog mo diisi apa? mau nulis ini apa nulis itu apa emboh ramudeng lah pokoke. Yaudah lah dari pada pusing mending tulis aja  pegalaman-pengalaman sebagai dokumentasi. hihihiihi

    Kemarin dimintai tolong tetangga mbenerin tv merk sharp Qvision personal 20 yanng pke tombol tuk akses servis mode di dekat tuner. Ketika pertama kali di hidupkan nyala led hijau trus berubah merah, tv dalam keadaan standbay di pencet tombol chanel pd  tv maupun power pada remot  ga ada respon. Dalam hati berkata-kata: weh weh weh weah rusake iki tipi rusak apane?  
                     
   Selanjutnya lagsung saja bonnkar casing dan kelihatnlah isi jerohan kotak tipi, amat punya amat komponen komponennya mulai dari elco-elco masih keliatan bagus dan komponen lain ga ada yang mencurigakan. Pengamatn fisik terlihat oke berlanjut tindakan pertama, jenenge opo yo? Wes tak arani wae sego mowo, nyos nyos nyos timah panas melayang ke solderan-solderan yng terlihat kendor dan tempt-tempat yng rawan retak.

    Solder ulang selesei saatnya test dicoba tv pun dinyalakan. Led indicator nyala hijau trus brubah merah posisi satandbay. Coba pencet tombol chanel ga respon. Eh tapi kok ada bau gosong dari mana kalie. Setelah pengamatan fisik belum ketemu juga maka tv kunyalakan kembali. Colokin jac pada colokkan dan makbulll asapmengepul dari ic vertical, layaknya lokomotif PG tasik madu  mau narik lori tebu, wehehehe.

   Tanpa pikir panjang ic kucabut lansung ganti. Selesei penggantian ic vertical tv ku nyalakan dan mak crakk tv pun nyala normal. Setelah pengetesan beberapa saat dan semua fungsi berjalan normal casing kututup kembali dan Alhamdulillah kelar sudah pekerjaan yang ini. Semog GustiAllah selalu memberi kemudahan dan kelancaran untuk kita sekalian.
Amien.



Posted by Mus Jono, Published at 7:30 AM and have 1 komentar

1 komentar: