SERVIS TV HANYA ADA SATU CHANEL SAJA

SERVIS TV HANYA ADA SATU CHANEL SAJA

Kali ini akan berbagi pengalaman servis beberapa saat lalu yang mana datang tv Cina 21" merek AUHTECH yang kata pemiliknya tidak ada siarannya. Tv pun saya pasang antena dan coba dinyalakan, Tv nyala namun di pencet pencet tombol canel yang ada hanya ada satu chanel yaitu canel nol saja tak ada canel lainnya.

Kemudian Saya coba cari chanel gelombang dengan auto scan tertangkaplah semua chanel stasiun Tv yang ada seolah Tv normal-normal saja. Tv terlihat normal hingga setengah jam kemudian seolah program scan berjalan sendiri hingga akhirnya hilang semua chanel gelombang siarannya tinggal chanel 0 (nol) saja yang tersisa. Eror programnya ternyata ini Tv, kata Saya dalam hati.

SERVIS TV HANYA ADA SATU CHANEL SAJA

Setelah tau gejala kerusakannya casing belakang tv di bongkar dan Saya amati secara fisik komponen terutama elco-elco yang saya amati tidak ada yang mencurigakan dan dalam hati pun menerka-nerka apa gerangan yang menyebabkan Tv ini eror pada programnya. Teringat pengalaman yang pernah saya tulis dahulu di mana pernah mengalami eror progrm pada Tv disebabkan korosi pada jalur di PCB yang menyebabkan putus jalurnya.(silahkan klik TV CINA PROGRAM EROR untuk melihat pengalaman waktu itu).

Jalur pada program pada PCB saya teliti tidak ada yang putus sepertinya dan dugaan Saya beralih ke Saklar/swit digital pada tombol-tombol panelnya. Kebetulan pas kehabisan persediaan swit tombol yang sejenis dengan Tv ini Saya pun meluncur dengan motor butut ke toko sparepat elektronik terdekat. setelah dapat swit digital yang sejenis saya ganti swit tombol Tv ini yang berjumlah enam dengan saklar digital yang baru saya beli tadi, Saya ganti ke enamnya sekalian dan setelah selesai pengantian swit ini Tvpun Saya nyalakan untuk untuk mencobanya masihkah eror program Tv ini. Seperempat jam hingga setengah jam sudah Tv ini nyala dan tak terjadi perubahan apa apa alis tv telah kembali normal tak eror programnya lagi.

Casing belakang Tv kembali di tutup dirapikan ke tempat semula dan Tv coba di nyalakan di panteng sekian lama normal normal saja. Akhirnya cukup dengan mengganti saklar/swit tombol digital teratasi sudah kerusakan Tv eror program yang menjadikan hanya satu canel saja yang ada. Semoga saja pengalaman servis kali ini bermanfaat.




Posted by Mus Jono, Published at 10:32 PM and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment