TV DIGITEC POLYTRON LAYAR PUTIH BELANG LALU STANDBAY

TV DIGITEC POLYTRON LAYAR PUTIH BELANG LALU STANDBAY

TV DIGITEC POLYTRON LAYAR PUTIH BELANG LALU STANDBAY
TV DIGITEC POLYTRON LAYAR PUTIH BELANG LALU STANDBAY ini sekedar berbagi pengalaman saat reparasi Tv Digitek dengan keluahan sebagaimana judul di atas. Mesin Tv Digitec sama dengan mesin Tv Polytron Dan Tv yang di perbaiki kali ini kebetulan bermerek Digitec dan casisnya menggunakan Ic Single/tunggal ber seri HBT004. Indikasi kerusakan Tv ini adalah pertama kali di nyala-kan Tv nyala namun layar putih terang sedikit ada belang dan tak lam kemudian mati Standbay

Setelah di ketahui gejala kerusakan, Tv pun langsung di bongkar dan pertama tama di amati fisik dari komponen-komponenya. Dari ciri fisik terlihat masih bagus semua hingga harus menduga duga apa penyebab dan komponen apa yang rusak yang menjadikan Tv ini Mati Stanbay di awali layar blank putih sedikit belang. Dari gejala mati standbay dugaan saya yang pertama sebenarnya adalah karena masalah yang biasa pada Polytron dan Digitec yang standbay karena protek oleh erornya elco penyaring/filter dari Ic vertical. Namun untuk protek karena erornya elco dari Ic vertical biasanya gambar muncul sebentar atau kadang juga tidak muncul sama sekali terus mati Standbay, sedang untuk kasus ini kok sedikit berbeda dengan yang telah biasa di alami.

karena gejala kerusakan seperti ini baru di alami saat itu dan sebelumnya belum ada pengalaman gejala yang sama, Saya pun menduga duga apa penyebab Blank PutihStandbay dari pengalaman yang pernah ada. dugaan pertama Saya karena protec vertical tidak begitu yakin maka dugaan lain adalah karena masalah pada RGB nya. Untuk Tv dengan matrik/blog RGB yang menggunakan Ic sering terjadi Blank seperti ini karena eror pada Ic warnanya, namun Tv ini blog Marik/RGB menggunakan Transistor, dugaan-nya mungkin eror pada catu dayanya. Saat Tv nyala sebentar di ukur tegangan 160volt untuk RGB sudah masuk, begitu pula transistor terukur normal semua.

Dugaan selanjutnya layar putih blank agak belang pernah juga disebabkan karena kerusakan atau erorrnya pada Ic vertical. dan di lihat secara fisik Ic vertical tidak Janggal dan mencurigakan. namun rusaknya ic tidak selalu terdeteksi dari ciri fisiknya. saya buktikan kecurigaan saya itu maka saya ganti Ic vertical dengan yang baru.

Setelah Ic Vertical di ganti dengan yang baru Tv di coba nyalakan. Byak Tv Diigitec ini mau nyala layar biru dan tidak standbay lagi. saya kira selesai masalah Blank Putih Lalu Standbay Tv ini karena eror Ic verticalnya, namun ternyata meleset dugaan saya. karena setelah Tv Di matikan beberapa saat hingga dingin Kerusakannya kambuh, Tv di nyala-kan Blank Putih Lalu mati Standbay Lagi.

Akhirnya Kembali lagi dugaan Saya Pada yang pertama: Penyebab Standbay ini karena Protec oleh eror elco filter dari Ic verticalnya. di ganti-lah dua buah elco 1uf50volt di dekat Ic vertical setelah penggantian elco ini Tv di c oba di nyalakan dan ternyata bisa nyala normal dan setelah sudah kerusakam Tv ini di matikan hingga dingin lalu di nyala-kan lagi sudah langsung menyala dengan Normal. Nah ternyata kerusakannya sepele yang biasa terjadi pada Polytron maupun Digitec yang mati Stanbay karena eror elco filwternya. kerusakan seperti ini secara lengkapnya ada di  TV POLYTRON STANDBAY SUSAH START





Posted by Mus Jono, Published at 12:33 AM and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment