TV POLYTRON STANDBAY SUSAH START

TV POLYTRON STANDBAY SUSAH START




TV POLITRON SUSAH START DAN MATI STANDBAY.— kerusakaan ini umum dan sering sekali terjadi pada tv politron. Kali ini saya mau share pengalamanku saat servis tv Politron. Kali ini ada serrvisan politron dua buah. Keduadauanya polytron 21’, yang satu Politron DIVA XBR, DAN YANG SATUNYA LAGI Politron MX Minimax Hiperbrand.


Kedua-duanya datang dengan keluahan yang sama, yaitu susah dihidupkan. Kalo mau dihidupkan tv dinyalakan/ distar nyala lalu MATI STANBY. Begitu terus samopai MATI STANBAY beberapa jam baru mau start.dan mau nyala normal. Namun apabila tv dimatikan maka keluhan Mati Standbay kembali berulang.

Dahulu sudah sya tulis pengalaman servis TV POLITRONMATI STANDBAY. Kerusakan sebagaimana yang saya tulis saat itu baru kali itu saya alami. Kali ini coba saya share kerusakan tv politron yang Susah Start dan Mati Stanbay yang serig sekali terjadi pada Tv Polytron.

Kebetualn keduanya sama-sama mengunakan ic tunggal HBT 00… saya  lupa. Keluhan MATI STANDBAY DAN SUSAH START memang umum dialami sebagaimana tipe-tipe sebelumnya yang mengunakan dua ic. Ic program dan ic crhoma terpisah.

Mati stanbay pada tv dengan dua ic biasanya disebabkan lemahnya catudaya untuk B+ travo osilator Horisontal atau travo yang mensuplay tegangan basis Transsistor Horisontal. Ganti elco yang mensuplaynya osilator Horisontal biasanya 10uf63v atau 47uf 63volt Ganti dengan elco yang lebih besar, semisal 47uf160 atau 100uf100v. Biasanya tv politron yang mengunakan 2ic dengan keluhan susah start dan mati stanbay, Mati stanbay teratasi.

Tv politron susah nyala dan mati stanbay kali ini terjadi pada tv Polytron yang nenggunakan ic tunggal, gejalanya sama dengan tv politron model sebelumnya dan yang perlu di ganti juga sama elconya, akantetapi berbeda letaknya. Maka elco yang  diganti untuk tv politron yang mengunakan ic tunggal ganti elco 470uf yang mensuplai salah satu tegangan 5v ic tungal dan elco 1uf50v yang berhubungan dengan itu letaknya di dekat ic vertical. Di dekat ic vertical ada dua elco 1uf50volt ganti saja keduanya.

Dengan pengantian elco 1uf50volt dan elco 470uf16volt biasanya tv polytron Susah Start dan Mati Stanbay yang sasisnya menngunakan ic tunggal teratasi. Itu adalah kerusakan yang paling sering terjadi pada tv politron.

 


Artikel lainnya:
Terimakasih kunjungannya silahkan tinggalkan komentar di post:
Tv Polytron mati standbay
Tv politron Sulit untuk Start




Posted by Mus Djono, Published at 7:52 PM and have 27 komentar

27 komentar:

  1. Wah... makasih banget infonya Broo, kebetulan ni baru datang pasien Polytron dengan kasus yang sama, mudah2an bisa di atasi dengan jurus anda...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Sob, Smoga sukses untuk Anda.

      Delete
    2.  
      MATUR NUWUN/ THANKS SO MUCH... AKHIRNYA ok.\
      =========================================================
      Dengan pengantian elco 1uf50volt dan elco 470uf16volt biasanya tv polytron Susah Start dan Mati Stanbay yang sasisnya menngunakan ic tunggal teratasi. Itu adalah kerusakan yang paling sering terjadi pada tv politron.
      ==========================================================
      SAYA ORANG AWAM DENGAN MEMBACA ARTIKEL ANDA SAYA BISA JADI TEKNISI MENDADAK.... JRENG SAYA COBA ON-KAN TV ... ALKHAMDULILAH.. OK. THANKS GUYS.

      Delete
    3. setelah saya ganti hidup hanya beberapa minggu selanjutnya stanby lagi.. gimana sob solusinya...

      Delete
  2. ciri..ciri nya elco tersebut gua kena ni gitu

    ReplyDelete
  3. tv polytron minimax saya ni dari stanby, nyala, lalu kembali kestanby lagi apa masalahnya booos...., kalau mau nyala pakai menu dan pasword baru bisa,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti elco sebagaimana posting di atas Gan..

      Delete
  4. gan sy punya tv polytron DN 1410, keruskn regulator drop.. mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  5. saya punya tv sanyo model CG 21-Z2R
    KERUSAKAN gambar membagi menjadi 5 bagian gelap, ada gambar, gelap, ada gambar, gelap.. mohon penjelasanya

    ReplyDelete
  6. Drop pada power macam macam jofa penyebabnya shob. Bisa dari regulatornya sendiri ataupun dari outputnya. Ceksemua output power termasuk playbacknya.
    Sanyo gambar terbelah dan gelap coba ganti elco B+ dan cek r-r di bagian itu.

    ReplyDelete
  7. mas mau tanya nih,kalau ic tv polytron ps52uv81. bagian horisontal tv ic mati/kebakar. mau diganti ga tau serinyahh...

    ReplyDelete
  8. wah ga tahu juga shob.... Ic horisontal yg mana maksudnya? Horisontal biasanya pake Tr. pake sembarang Tr ga papa asal Tr dengan dumper. sedang yg pake ic biasanya vertical.

    ReplyDelete
  9. thaxs mas bro.. saya sekeluarga jadi bisa nonton tv kembali.. :-D

    ReplyDelete
  10. numpang nanya gan.saya ada kerjaan tv polytron mx5203 m mati standbay.sudah saya cek semua tegangan dan penyolderan ulang dan komponen yang saya curigai rusak sudah saya ganti tapi tv tetep ngak mau nyala mohon pencerahanya makasih

    ReplyDelete
  11. trimakasih banyak mas .sangat membantu

    ReplyDelete
  12. gan tolong bantu tv saya polytron minimax 21" awalnya mati standby,tapi masih bisa hidup walaupun harus nunggu lama.
    nah saya cba cari tau di website2 suruh ganti elco ke yg lebih tinggi katanya,terus saya ganti eh malah tv saya jadi gaidup lagi,pas dicolokin kabelnya terus saya coba idupin cuma ada lampu berkedip satu kali lalu mati lagi dan gaada tanda2 akan hidup standby lagi.
    tolong diberitahukan salahnya dimana dan langkah apa yang harus saya lakukan..saya harap bantuan yg sejelas2nya gan,thank's

    ohiya saya mengganti 47uf 63volt dengan elco 22uf 250

    ReplyDelete
  13. casis tv pake ic satu atau dua Gan. Trus yang udah di ganti elco mana. Bila dengan dua Ic trus di ganti elco yang ke travo basis sembuh biasanya. Atau mungkin kebalik pasang elconya?

    ReplyDelete
  14. Makasih agan! Infonya. Semoga di mudahkan dengan segala urusannya!

    ReplyDelete
  15. kalau semua sudah di ganti,, tetap susah start, itu apanya gan,, yg sdh di ganti, 47, 100v elko di seputaran vert, di jalur protek 1mf,

    ReplyDelete
  16. Gan kalo warna berubah...digeprak normal lagi.kira kira apanya tu?thx

    ReplyDelete
  17. Thanks atas solusinya. Mudah-mudahan Blog ini makin sukses aja & yang punya blog ini di lipat gandakan pahalanya oleh TUHAN YG ESA ats share solusinya bagi para teman-teman Tehnisi. O X salam kenal persahabatan dari saya: sujarwadi di Mataram NTB.

    ReplyDelete
  18.  
    MATUR NUWUN/ THANKS SO MUCH... AKHIRNYA ok.\
    =========================================================
    Dengan pengantian elco 1uf50volt dan elco 470uf16volt biasanya tv polytron Susah Start dan Mati Stanbay yang sasisnya menngunakan ic tunggal teratasi. Itu adalah kerusakan yang paling sering terjadi pada tv politron.
    ==========================================================
    SAYA ORANG AWAM DENGAN MEMBACA ARTIKEL ANDA SAYA BISA JADI TEKNISI MENDADAK.... JRENG SAYA COBA ON-KAN TV ... ALKHAMDULILAH.. OK. THANKS GUYS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya punya Polytron U-Slim kasusnya sama susah start lalu mati standby, elconya letaknya dimana yah ... ?

      Delete
    2. ERUSAKANYA TV INI KALAU DI NYALAKAN NYALA SEBENTAR( TIDAK SAMPAI KELUAR RASTER) LALU STANDBY TAPI KADANG KADANG MAU HIDUP NORMAL >>KALAU TV POSISI HIDUP LALU DI MATIKAN PAKAI REMOTE TERUS TOMBOL POWER DI NYALAKAN TIDAK MAU ON >>>TUNGGU BEBERAPA SAAT KADANG HIDUP KADANG MATI.SAYA MENCOBA MEMATIKAN PROTECTOR PIN 62 DENGAN MEMBERI SUPLLY 5 VOLT MELALUI RESISITOR 1K DAN TRANSISTOSR SWITCH ON OFF SAYA OPEN SUPAYA B+ LANGSUNG ON>>SETELAH COBA DI ONKAN RASTER CUMA PUTIH POLOS DAN GAMBAR TIDAK PENUH KIRI KANAN>>BERARTI BAGIAN VERTKAL DAN ABL NGGAK APAP APA SEPERTINYA>>MUNGKIN IC MEMORY NYA>>COBA SAYA GANTI >>TV MAU HIDUP>>CUMA MASIH SERING MATI>>COBA GANTI IC UOC NYA HBT 01-01G >>TV LANGSUNG NORMAL >>COBA NYALAKAN DAN MATIKAN LEWAT REMOT>>SEPERTINYA NORMAL>>BAYARAN.NGGAK TAHUNYA BESOK NYA CUSTOMER TELPON LAGI CAK TV NYA KOK MATI LAGI>>DALAM HATI APANYA LAGI TV INI>>BONGKAR DAN CHECK LAGI >>BARU KETAHUAN KALAU TEGANGAN ANTARA SDA DAN SCL TIDAK SAMA CUMA BERBEDA SEDIKIT (RASANYA KEMARIN SAMA )>>PENELUSURAN ANGKAT SEMUA KOMPONEN JALUR SDA DAN SCL TERNYATA YANG RUSAK CERAMIC 100 PF JALUR SCL (C717) KALAU DI UKUR DENGAN SKALA 10 K SHORT SEDIKIT SEKALI>>SETELAH PENGGANTIAN >>NYALAKAN TV>>NORMAL.ALHAMDULILLAH

      Delete