TV CINA LAYAR ATAS BERGARIS-GARIS

TV CINA LAYAR ATAS BERGARIS-GARIS

Kali ini coba saya Share pengalamanku (walaupun sangat masih minim ini) didalam memperbaiki perangkat elekronik. Beberapa saat lalu dimintai tolong servis tv sharp 15'' dengan keluhan mati total. setelah casing ku buka ternyata mesin telah di ganti dengan mesin tv china.


Mungkin karena memang komponen yang dipakei memang kwalitas nomer berapa sehingga rata-rata memang kurang tahan lama. Setelah Kuteliti ternyata ada empat elco ynag telah rusak bahkan terlihat secara visik telah mengembung. elco-elco tersebut dua elco bernilai 1000/25v  470/35v 100/35v.

Setelah pengantian elco-elco tersebut dan tidak lupa solder ulang semua solderan yang retak, tvpun coba tak nyalain, dan dan tivipun nyala akan tetapi terlihat di layar atas ada garis membujur horisontal. Hal ini disebabkan terjadi kurang beresnya bagianvertical. Elco- lco yang bwehubungan dengan ic vertical ku ganti, lalu tes nyalain tv, tryata masih sama saja.

Setelah beberapa saat mencari2 penyebabaya, karena gejala yang seperti ini baru pertama kali ini, maklum jam terbang terbatas, baru belajar juga hehehe. setelah beberapa saat kutemukan R476 dengan nilai 100ohm menghubungkan dua kaki soket  deflexi vertica melar higa nilainya taktrhingga. Setelah pengantian komponen tersebut tv saya tes dan tampilanpun normal.

sukur akirya satu kerjaan selesei juga. dan tetap semangat untuk kita semua



ARTIKEL LAINNYA:



Posted by Mus Jono, Published at 3:16 PM and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment