TV POLYTRON MATI STANDBY

TV POLYTRON MATI STANDBY


Kali ini  saya tulis pengalaman beberapa saat lalu sat dimintai tolong memperbaiki tv politron 14' dengan keluhan tidak mau nyala alias di layar tida ada gambar sedangkan led indikator nyala merah standbay.


Saya pikir kerusakannya adalah masalah biasa yang terjadi pada tv politron maupun digiteg yang mengalami protek gagal start. Paling tinggal ganti elco yang mensuplay tegangan 50 volt untuk b+ travo osilator untuk basis tr horisontal.

Setelah mengetahui gejala kerusakannya langsung saja kerja dimulai.

casing di buka dan terlihat tv ini menggunakan Ic program HBK-00-01   Ic crhoma TDA8841

Sejenak ku amati fisik dari komponen-komponennya, paling kerusakan pada c526 yang biasanya 47mf63v, ternyata elco itu telah di ganti dengan 10,160vol.


Bhadalah ternyata salah dugaan saya. Pencarian pun dilanjutkan dengan pengecekan tegangan-tegangan dan saya rasa normal semua.

mulailah pikiran berputar mengira-ngira kemungkinan kerusakan ada di mana, mungkin playback, ic atau mungkin yang lainnya.

Daripada hanya menduga-duga mending langsung ganti aja mana mana yang saya curigai, yang menjadi biang keroknya. Pertama ic crhoma kebetulan ada cadangannya langsung tak tepas dan kuganti. Setelah selesei, saatnyaa untuk mencoba, dan ternyata masih sama saja.

Selanjutnya playback tak lepas dan diganti dengan playback lainnya. coba saja barangkali playback nya yang penting dicoba dahulu. Setelah selesei penggantian playback. tv kembali saya coba nyalakan. mak cjep crack tv pun mau nyala. Setelah beberapa saat antena saya pasang dan gambar di layar normal .

Setelah saya tes satu jam, dan normal-normal saja dan saya rasa tak ada masalah lain, casingpun saya tutup kembali seperti semula.

Alhamdulillah satu pekerjaan selesei sudah, kataku dalam hati.
Dan sore harinya diambil yang punya.

Keesokan harinya ternyata pemilik tv datang lagi komplaine dengan keluhan yang sama. kata yang punya semalam buat menonton bola baru setengah main dan babak kedua baru mau mulai tv mati sendiri led indikator merah stanbay dan di apa-apakan tidak mau nyala.

Ya ya ya.... . Mulai lagi ini pekerjaan kemarin yang aku sangka telah beres eh ternyata datang lagi kemeja kerja dengan keluhan yang sama hehehe
cukup menyita waktu juga setelah cek sana sini kecurigaan tertuju pada deflexi yorke. tak lepas dari leher tabung crt, dan diamat-amati terlihat baik-baik saja, maka kupasang lagi.

Karena dah sekin waktu lelah terasa juga dan kepala serasa gimanaa gitu. maka sudahlah yang satu ini saya tinggalkan dahulu beralih pada pekerjaan lain yang memang saat itu ada beberapa pekerjaan dilantai yang menunggu naik ke meja operasi buat dibedah jerohannya, hehehe.

setelah hari berganti timbul lagi rasa penasaran akan masalah yang satu ini. kecurigaan ku masih tertuju pada deflexi yoke.

Walau terlihat bik-baik saja. tetap tak lepas dan tak ganti baru. karena memang saat itu punya cadangan deflexi baru.

Setelah selesei penggantian defleksi, tv coba saya nyalakan dan mak crack...  tv pun mau nyala. tak biarkan beberapa saat dan antena ku pasang,  di layar terlihat lebar horisontal telah pas tinggal vertical yang kurang sedikit.

Alhamdulillah masalah akhirnya ketemu juga.  tinggal menambah lebar vertical dan set ngepasin gelang warna.

Seting selesei dan casing belakang ku pasang lagi.
Setelah selesei rasa penasaran akan biang kerok  masalah inipun mengelitik.
ku bongkar deflexi yang bikin boedrex tadi dan eh ternyata eh ternyata, kumparan horisontal bagian dalam terlihat gosong karena terbakar. Pantas aja dicari cari ga ketemu orang biang keroknya tersembunyi rapat sekali whihihi.

ARTIKEL LAINNYA
i

deflexi/yourke rusak
polytron mati
stadnbay nyala led merah



Posted by Mus Jono, Published at 8:00 PM and have