TV POLYTRON BLANK NDAK ADA TAMPILAN

TV POLYTRON BLANK NDAK ADA TAMPILAN

TV POLYTRON BLANK NDAK ADA TAMPILAN---- Tv Polytron termasuk merek televisi yang cukup digemari, setidaknya di sekitar tempat Aku tinggal. Dan kali ini lagi-lagi datang order reparasi Tv Polytron dari kampung sebelah.

Order telah Ku terima jelas alamatnya, langsung deh persiapan, berkemas alat-alat tempur dan langsung meluncur ke TKP.

Sesampainya di TKP kudapti tv politron14''. Tanpa basa-basi tv langsung tak coba nyalain, Ceklikkk... layar tv blank hitam gelap tak ada tampilannya sama sekali.

Langsung casing Ku buka dan ku amati seluruh komponen-komponennya, dan terlihat secara fisik masih bagus semua, begitu juga soderan-solderannya masih terlihat mulus rapi, belum terlihat ada yang retak.

Setelah memastikan secara fisik tidak ada kejanggalan maka langkah selanjutnya, cek tegangan-tegangan, Pada soket CRT terukur tegangan untuk RGB normal G2 normal Heater normal dan terlihat filament juga telah menyala, pertanda plyback telah bekerja. Berlanjut pengecekan tegangan-tegangan pada board bagian bawah, terukur untuk tegangan 15v normal, 50volt normal, 12 volt normal, 33 volt normal dan saat mengukur tegangan 5 Volt, eittttt... Terukur teganggan Noll  jendolll.

Perburuanpun dialnjutkan guna mencari kemana larinya tegangan 5v yang entah kemana. SetelahKu telusuri ternyata Kudapti T502 sebuah transistor dengan nomer C1213 putus tus tanpa nyambung. ok dah ternyata si 5v gak lari kemana mana cuma pabriknya aja yang ga kerja, hehehe.

Setelah Tr ku ganti maka tv pun coba kunyalakan,  Crackkzzzz tanda CRT  bekerja dan tampilan dilayarpun terlihat juga.  Antena Ku pasang dan gambar dilayar terlihat normal bin sempurna.  Ahamdulillah. Syukur kupanjatkan kepadaYang Kuasa akhirnya satu pekerjaanpun terseleseikan juga. 


ARTIKEL LAINNYA
Tv Poltron Mati
tv blank
tv nyala tidak tampil
layar gelap



Posted by Mus Jono, Published at 7:14 PM and have