CARA MENGATASI BOCORNYA PLYBACK

CARA MENGATASI BOCORNYA PLYBACK

CARA MENGATASI BOCORNYA PLAYBACK-  Playback merupakn travo untuk menaikan tegangan. Komponen satu ini terdiri dari bemacam-macam bagian, maka kerusakan pada playbackpun bermacam-macam. Kadang playback rusak total dan tidak bias diakalin namun sering kali kerusakan masih bias diakalin untuk bias bekerja normal lagi.

Kali ini akan saya share pengalamanku menangani kerusakan playback yang bocor. Beberapa kali kasus bocornya playback saya akalin dengan menambalnya dan hasilmya masih dapat normal kembali. Kebocoran yang paling sering terjadi adalah pada pangkal kabel yang menuju tabung/crt, percikan api menyembur ke aluminium pendingin atau kebesi verit sebagei inti travo playback.

Kerusakan seperti ini sebaiknya ganti baru saja. Namun terkdang untuk beberapa tipe playback, terutama playback monitor sangat susah mencari playback baru yang tipenya sama. Jika mau dibandrek untuk beberapa tipe playback munkin menemui banyak kendala, maka untuk kerusakan seperti ini saya lebih sering mengatasi dengan menambalnya.

Untuk menambal kebocoran pada playback, jika kita lansung menambal pada bagin yang bocor tanpa mencari peyebab dari kebocoran itu sendiri biasanya tidak akan bertahan lama. Maka sebelum menambalnaya terlebih dahulu kita cari sumber penyebab dari kebocoran itu sendiri.

Penyebab kebocoran playback ini paling sering adalah putusnya kabel pada  pada pangkalnya sehinga tegangan tinggi playback mencari jalan pintas sehingga menembus celah antara kabel dan bodi playback dan menyembur keluar.


Untuk mengatasi bocornya playback yang biasa saya lakukan  adalah:  Bodi playback bagian pankal kabel playback yang bocor di tatah sampai terlihat sambungan kabel yang terputus kita kupas sedikit pangkal kabel yang putus tadi hingga bisa menyolder sabungan yang terputus, (penatahan bodi playback harus dilakukan dengan sangat hati-hati) baru setelah sabungan tersolder dengan rapat langkah selanjutnya menambalnya.

Untuk menambalnya biasa pakei serlak bahan yang biasa buat politor di lembekan dengan bensin. Bahan ini untuk menambal bisa sangat rapat, akan tetapi agak susah membentuknya dan membutuhkan waktu untu mengeringkannya.

Yang paling sering Aku juga pakei lem super atau biasa disebut alteco Len G atau sejenisnya yang biasa di beli di toko bahan bangunan. 

Untuk  menambal kebocoran playback dengan lem supe/alteco dengan dilapisi abu atau yang sering saya pakei adalah serbuk gergajian playback.

Penambalan harus benar-benar rapat, lakukan dengan perlahan-lahan. Tetesi dengan lem super (alteco) lalu lapisi denggan abu / serbuk gergajian playback dengan sangat tipis lalu tetesilagi dengan lem begitu seterusnya dan bentuk sedemikian rupa menyerupai bentuk sedia kala, tapi gak serupa-serupa amat juga ga apa-apa karena sudah barang tentu mustahil bisa membetuk sempurna serupa bentuk sedia kala. Yang penting yakinkan benar-benar rapat.

Pastikan saat melapisi dengan abu / serbuk gergajian playback sangat tipis-tipis sehinga saat di tetesi denagan lem semua terkena lem atau tidak ada yang kering sehinga hasilnya benar-benar rapat

Paling mumgkin kebocoran lagi dari penambalan semacam ini adalah terlalu tebalnya sasat melapisi lem dengan abu/serbuk gergajian playback , sehinga saat di tetesi lem masih ada yang kering dari lem. Maka saat proses pelapisan harus sabar dan dilakukan dengan sedikit dari sedikit.

Setelah selesai penambalan yang pakei lem super/alteo dengan dilapisi abu/sebuk gergajian playback, playback bisa langsung bisa di pasang, keringya relaif cepat. Tidak sebagaimana yang mengunakan serlak yang membutuhkan waktu relaif lama untuk mengeringkannya.

Terimakasih semoga bermanfaat untuk kita semua tulisan saya  yang masih banyak kurangnya dari pengalamanKu tentang: CARA MENGATASI  BOCORNYA  PLAYBACK


Artikel lainnya:




Posted by Mus Jono, Published at 11:39 PM and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment