TV AKARI MATI TOTAL

TV AKARI MATI TOTAL


TV AKARI MATI TOTAL.---  Kali ini akan Saya tulissatu     pengalaman saat memperbaiki tv merk Akari dengan keluhan mati total, yang bila tv di nyalakan listrik Pln langsung trip/njeglek. Kalo dulu telah sya tulis tentang kerusakan tv mati total dengan judul TV DAN MONITOR MATI TOTAL POWER TIDAK KERJA  maka yang saya tulis kali ini adalah satu bagian dari yang telah saya tulis dahulu.

Servisan kali ini adalah tv akari 20 inchi  model no AC-268m. dengan keluhan mati total dan saat di nyalakan listrik pln langsun njegleg. Setelah casing belakang saya buka langsung saya cek Transistor Power TP20 dalam keadaan short alias jebol dan transitor kecil dipower Q805 juga dalam keadan jebol alias bocor. Langsung saja dua transistor di power Transistor utama yang besar dan transistor kecil di sebelahnya saya ganti.

Setelah pengantian komponen tersebut denagn tidak lupa saya solder ulang semua bagian-bagian yang retak dan rawan retak, saya perhatikan fisik dari komponen-komponen di PCB, terlihat elco C402 33uf/250vol yang mensuplai Transistor warna diblog matrik/RGB dalam keadaan mengembung. Elco tersebut Langsung saya lepas dan saya ganti dengan yang baru.

Sebelum mencoba nyalakn tv Akari yang mati total ini setelah pengantian komponen-komponen yang rusak, saya cek ulang semua bagian bagian pokok dari tv ini, karena munkin saja jebolnya power karena kerusakan di bagian lain sehingga menyebabkan power kelebihan beban dan jebol.

Semua bagian yang memungkinkan menyebabkan power kelebiahn beben setelah saya cek sepertinya normal semua maka tv Akari kali ini saya coba nyalakan dan byak. Tvpun nyala. Maka antenna saya pasang dan tampilannya normal-normal saja. Alhamdulillah kerusakan hanya itu saja satu pekerjaan terseleseikan dengan sempurna.  


Artikel lainnya:

Tv akari mati total 



Posted by Mus Jono, Published at 11:02 AM and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment