KERUSAKAN TV BAGIAN HORISONTAL

KERUSAKAN TV BAGIAN HORISONTAL



KERUSAKAN TV BAGIAN HORISONTAL---  Kerusakan bagian horizontal yang terjadi pada televise maupun monitor crt indikasinya kerusakan dan komponen yang rusak juga bermacam maca. Kalo dulu telah saya posting macam-macam KERUSAKAN BAGIANVERTICAL, maka kali ini saya posting macam macam kerusakan bagian HORISONTAL.

Berikut adalah kerusakan-kerusakan bgian horizontal yang pernah saya alami pda televisi maupun monitor:
 

MATI TOTAL DENGAN SUARA TIK-TIK-TIK

Kerusakan dengan indikasi seperti ini biasanya karena short/bocornya Transistor horizontal dan atau komponen komponen pendukung di bagian horizontal. Periksa TR Horrisontal, dioda-dioda serta komponen pendukung di bagian horizontal, Ganti komponen komponen tersebut jika terjadi kerusakan.

TAMPILAN KURANG LEBAR DAN MELENGKUNG

Periksa Transistor pendukung/penyangga Horizontal, kemunkinan Transistor tersebut putus ganti jika memang rusak atau mungkin transistor tersebut belum bekerja periksa input teganaganya barangkali belum masuk periksa dan cari penyebabnya munkin resistornya putus atau melar, munkin juga karena cacatnya capasitor horizontal yang 1600v coba ganti dengan yang nilainya sama.

TAMPILAN TERLALU LEBAR

Periksa Transistor Penyangga horizontal dan dioda-diaodapendukung pada bagian horizontal, kerusakan dengan indikasi tampilan terlalu lebar biasanya karena transistor atau dioda pendukung bocor sedikit.

TAMPILAN SEGARIS DARI ATAS KE BAWAH.

Kerusakan dengan indikasi Tampilan segaris Dari atas ke Bbawah disebabkan tegangan tidak bekerja pada deflexi/youke horizontal periksa soket, kabel yoek, lilitan/imduktor di horizontal. Sering terjadi layar segaris dari atas ke bawah karena putusnya lilitan di bagian horizontal.

TAMPILAN MELIPAT DI SAMPING.

Biasanya disebabkan karena cacat/rusaknya capasitor di bagian horizontal yang 400volt biasanya capasitor tersebut pecah atau munkin berubah bentuk. atau mungkin karena terbakarnya lilitan hoisontal pada deflexi/youke, perbaiki bila memunkinkan/ terbkarnya tudak terlalu parah. Bila tidak memungkinkan ganti dengan yang setipe.



Artikel lainnya:



cacat horisontal
horisontal tidak maksimal 
horisontal kurang lebar
horisontal melengkuna



Posted by Mus Jono, Published at 1:16 AM and have 4 komentar

4 komentar:

  1. duh pusing punya tv samsung gambarnya gak diam

    ReplyDelete
  2. sharp qbeat matot bunyi tik tik. ane ganti transistor horizontal langsung nomal lagi. makasih gan ...

    ReplyDelete
  3. tv politron bagian horishotal tidak sempurna karena mlengkung itu masalah apa

    ReplyDelete
  4. Tv Sharp udah ganti tr horizontal dan sudah aku ganti flyback,tp masih mati total dan masih bunyi tik tik apa lg yaa gan Yang harus di ganti lg

    ReplyDelete