MODIFIKASI PLAYBACK MATI

MODIFIKASI PLAYBACK MATI




MODIFIKASI PLAYBAC MATI.--- Playback rusak pada tv maupun monitor sebaiknya ganti baru, namun untuk Playback terutama Playback Monitor saat terjadi kerusakan untuk mencari penganti yang baru sangat lah susah. Kalo sebelumnya telah saya share kerusakan playback yang menyebabkan Buram dengan Mencangkok Playback, dan MENGATASI BOCORNYA PLAYBACK kini akan coba saya tulis kerusakan playback yang lain.

Travo Plaiyback yang terdiri dari bermacam-macam bagian komponen maka kerusakannya juga bermacam-macam. Kai ini akan saya tulis kerusakan playback dimana yang rusak adalah shortnya/Jebolnya capasitor playback, yang menyebabkan mati. Ini adalah satu bagian kerusakan yang sering terjadi pada Playback monitor.

Untuk mengetahui kerusakan pada capasitor playback. Buka/sedot timah solderan pada kaki capsitor Playback. Pastikan timah soderan bersih dan kaki capasitor playback tidak terhubung sama sekali.

Setelah timah soldrderan kaki kapasitor Playback terputus hidupkan monitor, apabila terjadi percikan api yang besar berarti capasitor playback short/jebol. Normalnya percikan api pada kaki kapasitor playback saat di open memercik sedikit degan api sangat kecil-kecil.

Cara lain untuk mengetahui kerusakan shot/jebol pada kaki capasitor playback dengan mengunakan tester. Arahkan tester pada 10kohm,lepaskan cop playback ke tabung/crt lalu ukur antara cop Playback dengan kaki kapsitor playback atau ke groun juga bisa. Apabila jarum tester begerak menunjukan angka tertentu berarti capasitur shot/jebol.

Lepaskan playback dari sasis. Setelah playback terlepas dari sasis, lepas besi ferit sebagi inti travo playback. Setelah besi ferit terlepas potong capasitr Playbak. Yang biasa saya lakukan adalah dengan mengergajinya di dua sisi capasitor dengan gergaji besi lalu saya congkel dengan tatah/obeng. Hati-hati saat melakukannya jangan sampai bodi retak maupun merusak bagian yang lain yang seharusnya tidak perlu.

Setelah capasitor terpotong, tambal potongan yang atas atas yang terhubung dengan katoda/cop playback. Penambalan ini harus benar benar rapat dan mengunakan bahan yang kuat meng isolasi tegangan tingi playback sehinga tidak tejadi kebocoran. Yang biasa Saya gunakan untuk menambalnya adalah dengan lem super/alteco yang besar, bisa beli di toko besi dan bahan bangunan dengan melapisi dengan abu atau serbuk gergajian playback. Serbuk gergajian playback yang digunakan harus bebas dari konduktor. Ambil/gergaji playback yang rusak dan tidak terpakei di bagian yang bebas dari logam.

Tetesi bodi playbak dengan lem super/alteco lalu lapisi dengan abu/serbuk gergajian playback. Pelapisa dengan abu/serbuk gergajian playback harus sangat tipis-tipis lalu di tetesi lagi degan lem super lagi, pastikan tidak ada serbuk yang kering/tidak terkena lem saat proses melapisinya. Begitu terus sapai tebal dan dirasa cukup untuk menahan tegangan tingi plaibak sehingga tidak bocor.

Setelah penambalan selesei pasang lagi plaibak seperti sediakala. Apabila potensio pengaturan scrin dan focus masih bagus dan kaki capasitor playback langsung terhubung ke ground maka proses selesei dan bila tidak ada kerusakan bagian lain monitorpun siap beraksi dengan normal lagi.

Namun apabila ternyata potensio pengaturan screen dan focus sudah tidak presisi dengan gejala setelah diatur keterangan dan kejelasan/focusnya lamalama menjadi buram dcangkok saja plaibacnya caranya silahkan baca posting MENCANGKOK PLAYBACK, agar masalah lama-lama buram teratasi.

Apabila kaki kapasitor playback tidak langsung terhubung ke groud dan tegangan dari capasitor playback terhubung degan komponen lain maka tegangan kali capasitor asli harus dig anti. Caranya hampir sama dengan mencangkok playback, ( klik link di atas ) hanya saja kaki dari kapasitor playback cangkokan tidak di gabung dengan ground melainkan di jamper pake cabel ke kaki capasitor playback asli.



Artikel lainnya:


  Modifikasi Playback Mati
Playback Monitor Mati 
Mengatasi Playback Mati



Posted by Mus Djono, Published at 4:32 PM and have 3 komentar

3 komentar:

  1. agan, kenapa banyak postingan tidak pake gambar panduan? biar lebih gampang gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Sob Maaf ya baru segitu kemampuannya, baru belajar juga..
      bila kurang jelas tanyakan saja, sebisa kami pasti membantunya.

      Delete
  2. dongGUPIOT KUI NGENDI...

    ReplyDelete