TV BERWARNA TAMPILAN HITAM PUTIH

TV BERWARNA TAMPILAN HITAM PUTIH



TV BERWARNA TAMPILAN HITAM PUTIHPengalaman didalam mereparasi yang akan saya tulis kali ini adalah saat memperbaiki televisi jadul merek Panasonic. Servisan kali ini datang dengan keluhan tampilan normal hanya warnanya saja yang tidak ada, adanya hanya warna hitam dan putih saja. Selanjutnya setelah mendengar keluhan dari pemiliknya televisi takcoba dan memang warnanya hanya hitam  putih saja.


Setelah mengetahui gejala kerusakannya casing kubongkar lalu tak solder ulang patrian-patrian komponennya. Setelah selesei tv taknyalakan namun masih samsaja warna tetap hitam putih alias hilang berwarnanya. Selanjutnya ku gnti elco-elco GRB namun juga tidak ngefek.

Selanjutnya takamat-amati lagi fisik dari komponen-komponennya sambil takgoyng-goyang eco-elco dan komponen-komponen lainnya hinga jari menyentuh crystal. Coponen terbunkus stanlis sthil ini terasa goyang seperti patah kakinya. Setelah taklepas ternyata benar-benar patah pada pangkal solderannya. Maka tak sambung kaki crystal tadi dan takpasang lagi.

Selese pemasangan pin crystal tadi televisi saya nyalakan dan kini muncul sudah si Merah Hijau Biru. Tamplan kini telah berwarna dan ketemu lah penyebab hilangnya warna RGB ynag menyababkan tv Warna berubah tampilan menjadi hanya Hitan Putih saja. 



Artikel lainnya:
tv hilang warna
tampilan hitam putih 
warna GRB tidaktampil 

 



Posted by Mus Jono, Published at 5:32 PM and have 4 komentar

4 komentar:

  1. bang saya mau service tv penyakitnya sama cuma hanya ada warna hitam putih doang, bisa kan ?

    ReplyDelete
  2. tv lcd buat nyetel tv ok tapi buat nyetel dvd warnanya hitam putih tok

    ReplyDelete
  3. tv lcd buat nyetel tv ok tapi buat nyetel dvd warnanya hitam putih tok

    ReplyDelete