TV AKARI TAMPILAN KURANG LEBAR KANAN KIRI

TV AKARI TAMPILAN KURANG LEBAR KANAN KIRI



TV AKARI TAMPILAN KURANG LEBAR KANAN KIRI  Dulu telah saya tulis servisan TV AKARI MAT ITOTAL  kali ini saya tulis pengalaman saat memperbaiki TV AKARI lagi . Servisan kali ini TV AKARI 20Inchi dengan keluhan tampilan layar agak gelap dan tampilan dalam psisi zoom, begitu keluh yang punya. Kerusakan ini adalah bagian dari posting saya yang terdahulu tentang MACAM-MACAM KERUSAKAN BAGIAN HORISONTAL

Okelah kalo begitu, Setelah mendengar keluhan pemiliknya, Televisi saya nyalakan dan terlihat tampilan gambar redup lebar horizontal kanan kiri kurang dua senti, sedanng untuk vertical terlalu lebar disertai gambar goyang-goyang bergerigi macam gergaji.

Setelah mengethui gejala kerusakannya, casing penutup bagian belakang saya buka dan dibersihkan debu-debu yang menempel dengan kuas. Setelah bersih saya perhatikan komponen-komponen yang menempel diatasnya pcb dan terlihat elco di dekat playback terlihat mencurigakan agak beda dengan yang lainnya, memang elco tidak mengembung namun dari plastik pembungkus elco tersebut terlihat beda dengan yang lainnya.

Tak ganti elco B+ 100uf160volt yang berada di dekat playback dan seperti biasa solder ulang patrian komponen-komponennya. Selesei pengantian elco dan solder ulang televisi coba tak nyalakan untuk meliaht reaksinya, dan ternyata masih samasaja dengan sebelunya alias tak ada beda.

Dengan solder ulang dan pengantian elco yang terlihat mencurigakan belum ada hasilnya selanjutnya saya ukur tegangannya, Dalam posisi standbay terukur tegangan B+110volt namun saat dinyalakan teganagan drop tinggal 80volt. Tanpa pikir panjang saya ganti elco di jalurB+100uf160volt yang satunya lagi deket travo Power, walaupun secara fisik terliaht masih bagus.

Setelah pengantian elco tersebut tak cobalagi tv tak nyalain dan byak layar trlihat biru terang dan tampilan biru di layar terlihat penuh, yang tadinya redup dan lebar kanan kiri kurang dua centi. Saya colokin antenna dan gambar normal sempurna setelah di coba beberapa saat dan tak ketok-ketok pcb dengan gagang obeng tidak terjadi perubahan apa-apa maka casing ku tutup kembali.selesei sudah dan terima upah.

Artikel lainnya:
tv akari redup
tampilan layar kurang lebar
tanpilan goyang-goyang bergerigi



Posted by Mus Jono, Published at 7:43 AM and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment