CACAT VERTICAL PADA LAYAR TV

CACAT VERTICAL PADA LAYAR TV


CACAT VERTICAL PADA LAYAR TELEVISI. Rangkaian bagian vertical pada Televisi Tabung/CRT berguna untuk mendrive/mengatur defleksi/yoke bagian vertical didalam membengkokkan/menarik gambar pada layar Tv ke atas dan ke bawah. Tidak bekerja atau kurang sempurna nya rangkaian bagian vertikal mengakibatkan kurang sempurna atau cacatnya tampilan pada layar televisi. Kerusakan-kerusakan bagian ini sangat beragam, beberapa kerusakan bagian ini yang pernah aku alami:

LAYAR TV SEGARIS HORISONTAL

Tampilan Gambar di layar hanya terlihat Segaris mendatar/ horisontal Hal ini disebabkan tidak bekerja-nya rangkaian bagian vertical sehingga defleksi vertikjal tidak membengkokkan/menarik gambar ke atas dan ke bawah dan menyebabkan tampilan hanya segaris horizontal. Hal itu disebabkan oleh bermacam-macam sebab antara lain:
  1. Yang paling sering adalah retak-nya timah solderan pada kaki-kaki ic vertical. Hal ini disebabkan Ic Vertical menghasilkan panas yang lumayan sangat panas sekali, sehingga menyebabkan longgar/retaknya timah solderan. Solusinya Solder ulang kaki-kaki ic vertical dan semua bagian bagian yang rentan terhadap keretakan terutama komponen komponen yang menghasilkan panas yang berlebih.
  2. Putus Jalurnya Mungkin Karena Retak atau karena korosi yang mengikis jalur jalur pada pcb. perhatikan alur alur yang menghubungkan jika terjadi hal demikian jumper sehingga jalur tersambung lagi.
  3. Tidak ada catu daya ke ic vertical, Mungkin karena dioda rusak karena bocor maupun putus, mungkin karena resistor putus maupun melar. Cek dan ganti apabila tegangan catu daya Ic Vertical belum ada karena rusaknya  komponen-komponen tersebut.
  4. RUSAKNYA IC VERTICAL. Jika kerusakan bukan karena dua hal di atas kemungkinan lain adalah rusak/mati Ic Verticalnya. Ganti Ic Vertical dengan Ic yang tipenya sama. Rusaknya Ic Vertical selain menyebabkan tampilan segaris horizontal kadang juga tampilan di layar putih belang-belang pelangi, kadang tidak tampil di layar bahkan dalam beberapa kasus Rusaknya Ic Vertical menyebabkan mati total
  5. Tidak masuknya tegangan osilator vertical. Hal ini mungkin disebabkan melar/putusnya resistor dari Ic crhoma ke ic vertical. Cek dan ganti apabila komponen tersebut rusak.
  6. Rusaknya condensator ceramic kecil mungkin putus atau bocor.
  7. Rusaknya ic crhoma. Kemungkinan lainnya lagi yang menyebabkan layar tv hanya segaris horizontal adalah rusaknya Ic Crhoma yang menjadi osilator veical.

Di atas adalah kerusakan-kerusakan yang pernah Aku alami dari cacat vertical yang menyebabkan TAMPILAN DI LAYAR TV SEGARIS HORISONTAL DI TENGAH-TENGAH.


LAYAR TV BAGIAN ATAS BERGARI-GARIS PUTIH
Tampilan Gambar di Layar ada garis-garis putih di bagian atas hal ini disebabkan kurang sempurna nya kinerja rangkaian bagian Vertical yang menyebabkan kurang sempurnanya tampilan gambar. Penyebabnya adalah rusaknya komponen-komponen pendukung Ic Vertical antara lain:
  1. Rusak/ausnya elco-elconya. Hal ini terjadi karena Ic Vertical sangat panas sehingga elco-elco didekat Ic/pendingin Ic vertical menjadi kering cairan elektrolit-nya. Ganti elco-elco di dekat Ic/pendingin Ic Vertical dengan yang bagus/baru.
  2. Putus/melarnya resistor yang berhubungan dengan bagian Vertical. Ganti jika memang rusak putus maupun melar.

Itulah yang ku ketahui kerusakan Tv cacat vertical Yang menyebabkan tampilan pada Tv LAYAR TV BAGIAN ATAS BERGARIS-GARIS PUTIH.

GAMBAR DI LAYAR MELIPAT ATAS/BAWAH
Hal ini sering terjadi karena tidak sempurnanya tegangan pada bagian Vertical. Ganti elco-elco bagian vertical. cek resistor barangkali melar menjadi lebih besar hambatan dari yang semestinya, walau hal ini jarang terjadi namun pernah di alami


TAMPILAN LAYAR KURANG LEBAR KE ATAS DAN KE BAWAH
Penyebab-penyebabnya adalah:
  1. Rusaknya elco-elconya. Ganti dengan Elco baru
  2. Melarya resistor 1ohm atau resistor 0,sekian ohm. Ganti dengan resistor yang sesuai sehingga lebarnya pas tidak terlalu sempit maupun terlalu lebar.
  3. Kurang lebarnya pengaturan Vertical size. Masuk ke servis mode atur vertical size.

Itulah kerusakan-kerusakan bagian Vertical yang Aku ketahui dari pengalaman servis yang pernah Aku alami yang menyebabkan CACATVERTICAL PADA LAYAR TV.




Artikel lainnya:






Posted by Mus Jono, Published at 4:42 PM and have