CACAT VERTICAL PADA LAYAR TV

CACAT VERTICAL PADA LAYAR TV




CACAT VERTICAL PADA LAYAR TV. Rangkaian bagian vertical pada tv berguna untuk membengkokkan/menarik gambar pada layar Tv ke atas dan ke bawah. Tidak bekerja atau kurang sempurna nya rangkaian bagian vertical mengakibatkan kurang sempurna atau cacatnya tampilan pada layar tv. Kerusakan-kerusakan bagian ini yang pernah aku alami:


I.                    LAYAR TV SEGARIS HORISONTAL

Hal ini disebabkan tidak bekerja-nya rangkaian bagian vertical sehingga defleksi vertical tidak membengkokkan/menarik gambar ke atas dan ke bawah dan menyebabkan tampilan hanya segaris horizontal. Hal itu disebabkan oleh bermacam-macam sebab antara lain:
  1. Yang paling sering adalah retak-nya timah solderan pada kaki-kaki ic vertical. Hal ini disebabkan Ic Vertical menghasilkan panas yang lumayan sangat panas sekali, sehingga menyebabkan longgar/retaknya timah solderan.  Solder ulang kaki-kaki ic vertical dan semua bagian bagian yang rentan terhadap keretakan terutama komponen komponen yang menghasilkan panas yang berlebih.
  2. Tidak ada catu daya ke ic vertical, Mungkin karena dioda rusak karena bocor maupun putus, mungkin karena resistor putus maupun melar. Cek dan ganti apabila tegangan catu daya Ic Vertical belum ada karena rusaknya  komponen-komponen tersebut.
  3. RUSAKNYA IC VERTICAL. Jika kerusakan bukan karena dua hal di atas kemungkinan lain adalah rusak/mati Ic Verticalnya. Ganti Ic Vertical dengan Ic yang tipenya sama. Rusaknya Ic Vertical selain menyebabkan tampilan segaris horizontal kadang juga tampilan di layar putih belang-belang pelangi, kadang tidak tampil di layar bahkan dalam beberapa kasus Rusaknya Ic Vertical menyebabkan mati total
  4. Tidak masuknya tegangan osilator vertical. Hal ini mungkin disebabkan melar/putusnya resistor dari Ic crhoma ke ic vertical. Cek dan ganti apabila komponen tersebut rusak.
  5. Rusaknya condensator ceramic kecil mungkin putus atau bocor.
  6. Rusaknya ic crhoma. Kemungkinan lainnya lagi yang menyebabkan layar tv hanya segaris horizontal adalah rusaknya Ic Crhoma yang menjadi osilator veical.

Di atas adalah kerusakan-kerusakan yang pernah Aku alami dari cacat vertical yang menyebabkan TAMPILAN DI LAYAR TV SEGARIS HORISONTAL DI TENGAH-TENGAH.


II.   LAYAR TV BAGIAN ATAS BERGARI-GARIS PUTIH

Hal ini disebabkan kurang sempurna nya kinerja rangkaian bagian Vertical yang menyebabkan kurang sempurnanya tampilan gambar. Penyebabnya adalah rusaknya komponen-komponen pendukung Ic Vertical antara lain:
  1. Rusak/ausnya elco-elconya. Hal ini terjadi karena Ic Vertical sangat panas sehingga elco-elco didekat Ic/pendingin Ic vertical menjadi kering cairan elektrolit-nya. Ganti elco-elco di dekat Ic/pendingin Ic Vertical dengan yang bagus/baru.
  2. Putus/melarnya resistor yang berhubungan dengan bagian Vertical. Ganti jika memang rusak putus maupun melar.

Itulah yang ku ketahui kerusakan Tv cacat vertical Yang menyebabkan tampilan pada Tv LAYAR TV BAGIAN ATAS BERGARIS-GARIS PUTIH.


III.    GAMBAR DI LAYAR MELIPAT ATAS/BAWAH

Hal ini sering terjadi karena tidak sempurnaya tegangan pada bagian Vertical. Ganti elco-elco bagian vertical. 

    VI.        TAMPILAN LAYAR KURANG LEBAR KE ATAS DAN KE BAWAH

Penyebab-penyebabnya adalah:
  1. Rusaknya elco-elconya. Ganti dengan Elco baru
  2. Melarya resistor 1ohm atau resistor 0,sekian ohm. Ganti dengan resistor yang sesuai sehingga lebarnya pas tidak terlalu sempit maupun terlalu lebar.
  3. Kurang lebarnya pengaturan Vertical size. Masuk ke servis mode atur vertical size.

Itulah kerusakan-kerusakan bagian Vertical yang Aku ketahui dari pengalaman servis yang pernah Aku alami yang menyebabkan CACAT VERTICAL PADA LAYAR TV.




Artikel lainnya:






Posted by Mus Djono, Published at 4:42 PM and have 23 komentar

23 komentar:

  1. nambah satu lg gan sesuai pengalaman... gambar segaris vertical bs di sebabkan flyback... trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Sob tambahannya. Emang untuk kerusakan playback berinplikasi kemana-mana.

      Delete
  2. hallo mas lam kenal aja....
    oh ya mau nanya neh...
    kalo tv saya china kerusakannya gambar dan suara bagus tapi kok ada garis-garis tipis vertikal pada gambar ya.... kira2 solusinya gimana ya tolong bang tanks....!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam
      kenal juga Sob. garis-garis tipis vertical dari atas ke bawah bisa jadi disebabkan kurang sempurnanya atena, coba cek bosternya antenanya,

      Delete
  3. tv sanyo cacat vertical model cg20sp1 cara penaganannya gimana?mohon di bantu

    ReplyDelete
  4. salam kenal mas,orng bru ni,saya mau tanya.law tv polytron u-slim gambar nya gelap,dan screen udah di besarkan,tetap gelap,tegangan abl nya normal,oh ya mas,tv ini memkai ic single.
    mohon pencerahan nya mas,makasih,

    ReplyDelete
  5. @Indigo Salam kenal juga shob.. Untuk kasus layar gelap periksa tegangan G2 ganti capasitornya bila perlu, periksa juga tegangan Heaternya, atau R abl ada yang putus bisa juga buat layar gelap.

    ReplyDelete
  6. @Pak Anton: dari indikasinya kemunkinan bukan dari verticalnya, namun untuk kasus itu belum pernah juga saya jadi belum tahu solusi pasti. coba cek tegangan 160 RGB, B+ Fbt, dan input-input lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya pak coba saya cek satu-satu tegangannya dulu,tp dah ketemu elko deket ic vertikal buntung satu kemungkinan r nya sama kapasitor kecil ada yg melar....mksh pak sudah bantu kasih wawasan....dan saya harap msih mau bantu kalau saya ada kesulitan lagi...

      Delete
  7. Sama-sama Terimakasih Pak Anton, Silahkan saja berkunjung Ke Blog ini, Dengan senang hati sebatas kami mampu Pasti Kami bantu.. Semoga sukses untuk Anda dan kita semua

    ReplyDelete
  8. pak permisih nupang tanya tv china bagian atas bergaris maklum pak pemulah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti elco-elconya terutama semua elco di bagian verical, bila masih sama periksa r vertical biasanya dekat soket youke,

      Delete
  9. lam kenal..boleh numpang nanya..klo tv politron u-slim tampilan layarnya ketarik ke tengah solusinya gimana bos...? gambar dah tampil penuh. trims..

    ReplyDelete
  10. pak mau tanya, tv saya LG pearl black. tampilan layarnya itu masih penuh seukuran kaca tv tapi gambarnya itu selalu zoom in zoom out dan di kiri-kanan nya tampak cekung. itu kenapa ya pak? trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba cek Tr dan ddiode Dumper/penyangga horisontal dengan melepasnya diukur tanpa terhubung komponen lain, biasanya bocor dikit.

      Delete
  11. Tlong dbntu mas...,maklum saya awam sama elektro !
    Brdsrkn pnjljhn d mbh google,bhw tv saya toshiba 14C2E1 mnglmi kruskn bgian vertikal dan biasanya kruskn pd toshiba tsb,pda elco 1uf 50v (hrus diganti).kmdian syapun mncobanya,tpi nihil mas !gk ada hasilnya
    Dan memang stlh sya ukur elco tsbt msh bgus, blm short /plgi kembung. Dan skln juga sya cek elco2 yg lainya msh dbgn vertikal,tp tdk klhtn ada kejanggalan alias smua msh normal !

    Brngkli mas dpt mmbrkn solusinya !trims

    ReplyDelete
  12. bos coba analisa tv multimax..
    power kedi kedip, gga mw tampil layarnya,,.. makasiihh

    ReplyDelete
  13. mas salam kenal mau tanya saya punya tv LG ketika dihidupkan gambar mengecil.setelah beberapa menit layar melebar tapi kurang sempurna...itu apa kena verticalnya ya mas..mohon bantuannya thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mengecil keatas kebawaawah apa kekanan kiri, kalau mengecil atas bawah sedang kanan kiri normal dari verticalnya kemungkinannya

      Delete
  14. slam knal saya ali mau tanya tv cina stlah dihidupin 20 mnt vertikal atas bawah mengecil 1cm,mohon info nya ,thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ganti elco elconya, atau mungkin resistor 0, nya berubah resistensi saat panas

      Delete