TV SANYO LAYAR PUTIH BLANK

TV SANYO LAYAR PUTIH BLANK



TV SANYO LAYAR PUTIH BLANK---  Kali ini saya tulis saat servis televise merk sanyo jadul model C14AL11U-N dengan keluhan layar blank putih. Setelah televise saya coba dan terlihat tampilan layar putih agak redup dan bergetar-getar, langsung takbungkar casing belakang dan saya solder ulang ptrian komponen-komponenannya. Selesei penyolderan saya amati komponen-komponen yang ada diatas pcb, terlihat tak ada yang mencurigakan.


Setelah selesei solder ulang lanjut pengamatan fisik komponen-komponen, tidak ada yang mencurigakan komponen-komponennya dari bentuk fisik, maka tv saya nyalakan dan tampilan masih blank seperti sediakala. Tak pencet-pencet tombol chamel ternyata tidak berfungsi. Maka kuukur tegangan pada panel sensor terukur tegangan hanya 1,5volt.

Tak telusuri dimana hilangnya tegangan tersebut dan ternyata emang tidak ada dari sumbernya. Ternyata yang memasok tegangan untuk bagian ini bersumber dari travo stapdown di power. Pasokan tegangan dari travo tersebut tidak ada dan setelah dicek ternyata putus kumparan primernya.

Karena tidak ada ganti trafo yang serupa dan saat itu yang tersedia hanya ada trafo boster, dengan berharap dan coba coba Saya pasanglah trafo boster sebagai pengantinya. Selesei pemasagan travo tersebut tv saya coba dan tampilan sudah beda , terlihat tampilan dilayar bintik-bintik/kepyur, antenna tak colokin dan trlihat gambar tampil sempurna. Setelah dicoba beberapa saat dan sepertinya tidak ada masalah casing tak tutup lagi dan selesei sudah servisan ini.



Artikel lainnya:
tv sanyo layar puti
layar putih redup
layar blank



Posted by Mus Jono, Published at 11:39 PM and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment