TV BERWARNA TAMPILAN WARNA BERUBAH-RUBAH

TV BERWARNA TAMPILAN WARNA BERUBAH-RUBAH

TV BERWARNA TAMPILAN WARNA BERUBAH-RUBAH--- Kerusakan Televisi Berwarna dengan keluhan tampilan warna berubah rubah kadang dominan hijau, merah atau biru dan bila di gebrak normal sebentar lalu warna berubah lagi merupakan Kerusakan yang Sangat sering terjadi pada Televisi/tv Berwarna.


Tv Berwarna model CRT atau Tabung, kekayaan warna yang dihasilkan di layar sebenarnya hanya terbentuk dari tiga warna dasar yaitu Merah, Hijau dan Biru (RGB). Dengan tiga warna dasar itu terbentuklah jutaan warna yang ada di layar televisi. Bila salah satu komponen penghasil tiga warna itu terganggu sudah pasti warna yang dihasilkan tidak bisa sempurna, bisa saja layar keungu-unguan, dominan-kuning, dan lain lainnya jika komponen penghasil tiga warna dasar terganggu.

Kali ini akan di bahas kerusakan Tv yang indikasi warna berubah-ubah, bila di gerak warna normal dan beberapa saat warna berubah-rubah lagi. Kerusakan seperti itu pada umumnya terjadi karena retak atau longarnya timah solderan untuk mematri komponen komponen pada pcb, terutama pada komponen penghasil tiga warna diatas. Kerusakan seperti ini siapa saja bisa memperbaikinya asal bisa pegang solder untuk mematri ulang kaki-kaki komponen yang retak atau longgar..

Pertama tama buka casing belakang televisi dengan melepas semua baut-bautnya dengan obeng, setelah casing terbuka solder ulang semua komponen yang ada blog matrik atau blog Pcb RGB yang ada di ujung Tabung CRT. Lakukan dengan saksama dan hati-hati jangan sampai kaki satu komponen dengan yang lainnya yang semestinya tidak terhubung malah terhubung saat proses solder ulang ini. Setelah solder ualang komponen-komponen blog matrik atau PCB Utuk RGB (Red Gren Blue) selesai dan dipastikan tidak ada solderan yang membuat konslet, nyalakan tv, setelah tv nyala ketok-ketok blog Matrik dengan gagang obeng bila warna masih berubah-rubah berarti masih ada solderan yang kendur atau soket penghubung pcb ke crt sudah aus, pastikan semua komponen tersolder dengan rapat dan ganti soket crt jika perlu, setelah tv dinyalakan dan blog RGB  di ujung crt/tabung diketok-ketok dengan gagang obeng tidak terjadi perubahan warna berarti masalah di blog RGB sudah teratasi.

Selanjutnya setelah blog matrik/RGB beres, ketok-ketok pcb utama Mesin TV, bila tidak terjadi perubahan warna berarti masalah sudah teratasi dan casing bisa ditutup kembali. Namun bila masih terjadi perubahan warna berarti masih ada solderan yang longgar di pcb uatama mesin TV, solder ulang semua komponen yang terlihat kendur terutama di ic chroma dan kaki kaki komponen yang menghasilkan panas berlebih. Hati hati saa menyolder dan jangan sampai konslet dan bila akan melakukan solder ulang di bagian Power regulator terlebih dahulu konsletkan kaki elco besar di power regulator, karena beberapa merk televisi elco ini masih menyimpan tegangan tinggi. Jika elco masih menyimpan tegangan akan terjadi ledakan agar tidak terjadi ledakan bisa menggunakan elemen pada solder, konsletkan menggunakan stiker atau jak solder, tegangan elco akan menjadi netral dan tidak terjadi ledakan.

Setelah Solder ulang semua bagian yang timah patrian kaki-kaki komponen selesai dan pastikan lagi solderan tidak ada yang konslet, tv coba nyalakan dan ketok-ketok pcb mesin tv dengan gagang obeng, setelah tampilan warna tidak berubah lagi berarti masalah teratasi dan tinggal menutup casing kembali.

Demikian tips didalam memperbaiki kerusakan yang paling sering terjadi pada pesawat televisi dan saya rasa siapa saja bisa memperbaiki kerusakan pada tv yang berubah rubah warnanya, Senoga bermanfaat.

 ARTIKEL LAINNYA





Posted by Mus Jono, Published at 8:30 PM and have 6 komentar

6 komentar:

  1. Kerusakan TV semacam ini, biasanya di rangkaian penguat RGB, hehe.. dan ini bisa jadi makanan empuk para teknisi elektronik. Coz seringnya cuman modal solder dan timah solder doank hihi...

    ReplyDelete
  2. mau tanya gan tv saya polytron minimax gambarnya sering berubah dari terang menjadi gelap sendiri san berulang2 ....kira2 apa masalahnya gan? tolong solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek elco elconya ganti jika aus/mengembung/kering, periksa G2 mungkin capasitor eror atau bisa juga dari playbacnya.

      Delete
  3. gan mau tnya .. warna tvnya berubah menjadi ping dan berubah jadi merah .. elconya sudah diganti .. solusinya gmna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pernah ngalami hal yang sama ,pas diganti Socket Crt_nya ,Langsung mantap Boss!!
      Tapi semua kaki komponen diblok RGB dipatri ulang jika ada yang Oblak dan ganti Tr yang Soak

      Delete
  4. Mantap Gan postnya !
    Semoga Tuhan membalaskan untuk kebaikan Agan !!👍👍👍

    ReplyDelete