TV POLYTRON INDIKATOR POWER BERKEDIP TAMPILAN LEBAR MELENGKUNG

TV POLYTRON INDIKATOR POWER BERKEDIP TAMPILAN LEBAR MELENGKUNG

TV POLYTRON INDIKATOR POWER BERKEDIP TAMPILAN LEBAR MELENGKUNG--- Kerusakan Tv Polytron Dengan Gejala Kerusakan Indikator Power Berkedipmemang banyak sekali penyebabnya, Sedangkan kerusakan dengan keluhan terlalu lebar, biasanya kerusakan berkaitan dengan bagian horisontal. Kali ini saya share pengalaman saat servis Tv Polytron Diva XBR dengan indikasi kerusakan sebagaimana judul posting ini, casis tv Polytron ini mengunakan ic single/tunggal HBT-OO-O4G sedangkan kerusakan-kerusakannya adalah:

INDIKATOR POWER MATI NYALA / BERKEDIP-KEDIP
Dari Pengecekan secara fisik dan pengukuran Ohmmeter Bagian bagian Fital tidak ditemukan hal yang menyimpang atau mencurigakan. Maka Saya putuskan untuk mencoba mengganti Playbacknya, kebetulan saat itu sedang ada playback yang serupa. Namun setelah pengantian Playback ternyata masih sama saja. Ukur sana ukur sini belum ketemu juga. Pusing belum menemukan penyebabnya kebali saya cek komponen komponennya, kok ada elco yang tertutup komponen yang berada di pcb tambahan berdiri di bagian horisontal. Setelah kusingkap elco tersebut teryata benar kecurigaan saya, elco tadi mengembung dan bocor.

Elco C 802 3,3uf160volt yang mengembung dan bocor diganti dengan yang baru. Selesei pengantian elco C 802 3,3uf160volt Tv coba dinyalakan, dan baru beberapa saat maunyala namun elco lansung meletus. Apa munkin pemasangan terbalik? Pikir saya, kembali saya cek dan sudah benar pemasangannya elco di ganti lagi dengan yang baru dan cari-cari apa penyebab meletusnya elco tadi. coba sya lepas pcb tambahan yang terdapat relay dan capasitor di PCB itu, ternyata solderan pada kaki relay dan capasitor keramik longgar dan terlihat tebakar. Kupatri ulang kaki-kaki koponen itu dan pasang kembali pcb tambahan tadi ketempat semula.

Tv Coba di nyalain dan berhasil start indikator powerpun tidakberkedip-kedip lagi. Setelah gambar di layar muncul terlihatdeh kerusakan selanjutnya:

TV POLYTRON DIVA XBR GAMBAR TERLALU LEBAR DAN MELENGKUNG
Layar Terlalu Lebar dan melenkung biasanya disebabkan karena kerusakan pada komponen pendukung Horisontal. Dari pengukuran sebelumnya sepertinya wajar-wajar saja, untuk memastikan transistor penyangga / bufer horisontal t803d3131 dilepas setelah diukur tanpa terhubung komponen lain baru ketahuan bahwa transistor ini ternyata bocor / short sedikit antara kaki basis emitor dan colektornya. Karna sedang tak ada stok langsung ,eluncur ke toko sparepat untuk membeli transistor tersebut. Setelah mendapatkannya transistor dipasang dan tv siap untuk di coba. Tv dinyalakan dan tampilan sepertinya normal, antena di pasang dan gambar dilayar sudah terlihat sempurna

Selesi sudsh Servisan Tv Polytron Diva Xbr Mati Indikator Power Berkedip Setrlah Nyala Gambar Terlalu Lebar Dan Melengkung  


ARTIKEL LAINNYA
Tv Polytron Diva Xbr Mati
Tv Polytron Diva Xbr Indikator Power Berkedip
  Tv Polytron Diva Xbr LayarLlebar Melengkung



Posted by Mus Jono, Published at 3:39 PM and have 0 komentar

No comments:

Post a Comment