LCD / LED KADANG-KADANG MATI/TAMPILAN BRKEDIP

LCD / LED KADANG-KADANG MATI/TAMPILAN BRKEDIP

LCD / LED KADANG-KADANG MATI/TAMPILAN BERKEDIP---- Kali ini akan saya share pengalaman saat memperbaiki LCD Samsung. Adapun indikasi kerusakan nya , sebenarnya tampilanya normal-normal saja namun yang sangat mengganggu kadang-kadang berkedip led indikator power mati dan gambar dilayar hilang sekejab lalu tampil normal lagi. Kasus kerusakan seperti ini bisa terjadi pada LCD/LED Monitor maupun LCD / LED TV.

Gejala kerusakan seperti itu biasanya disebabkan karena ada diantara switch panel yang eror, untuk memastikan penyebab kerusakan dari switch/tombol panel, bongkar dahuulu kesingnya. Kebanyakan Lcd Samsung casingnya terkunci pada pengait bukan dengan baut. Untuk membuka casingnya congkel bagian bawah dan samping casing dengan pengungkit khusus yang berbahan plastik yang biasa di jual di toko tool kit, kalao tidak ada bisa berkreasi dengan alat yang ada semisal gagang sendok plastik yang tebal dan kuat dan agak dipipihkan ujungnya, atau alat lainnya yang penting dari bahan plastik dan kuat untuk mengungkit.

Sebenarnya lebih mudahnya pakai saja obeng pipih, didalam mengungkit untuk membuka akan jauh lebih kuat namun resiko lecet pada kasing jauh lebih besar bahkan sulit dihindari kelecetan pada casing saat membuka dengan pengungkit yang terbuat dari besi. Sedangkan dengan pengungkit yang terbuat dari bahan plastik mungkin akan sedikit repot namun kelecetan pada casing dapat di hindari seminim mungkin.

Setelah pengait yang ada di bawah dan samping kasing terlepas angkat kasing keatas sehinga pengait bagian atas terlepas dan kasing pun terbuka, Setelah kasing terbuka selanjutnya nyalakn LCD / LED, lalu setelah nyala cabut konektor pada kabel kabel switch/panel, bila keluhan kadang-kadang mati/berkedip tidak terjadi lagi berarti kerusakan terjadi karena erornya switch pada tombol. Biasanya kerusakan terjadi pada erornya salah satu swit dari tombol-tombol panel itu. Namun kadang erornya tidak terukur oleh Ohm meter, daripada susah susah mencari tombol mana yang eror ganti saja semuanya dengan swit baru.

Bila semua sudah oke pasang lagi swit dan LCD/LED Nyala Normal dan tidak mati sekejap alias brkrdip yang membuat mata sakit dan tak nyaman memakenya. Itu tadi tips dari pengalaman saat memperbaiki LCD Samsung yang tampilan Normal namun terkadang mati sekejab atau berkedip.

 ARTIKEL LAINNYA
Lcd/Led monitor 
Led/Lcd tv tampilan Berkedip
  Tampilan Normal Terkadang Led Mati



Posted by Mus Jono, Published at 11:40 PM and have 24 komentar

24 komentar:

  1. Saya pernah mengalaminya tuh bang..

    ReplyDelete
  2. eh ternyata gampang banget ya...padahal pas kejadiannya yang hampir sama, tak bawa ke servis...50 ribu saja deh...hehehe

    ReplyDelete
  3. itu hanya satu bagian kerusakan yang menyebabkan LCD Mati berkedip yang saya ketahui, sedangkan indikasi yang sama masih banyak lagi penyebabnya. Terimakasih Pakhe-Pakdhe telah berkenan Mampir.

    ReplyDelete
  4. Sip.. Mas Djono teruskan sharingnya...biar semua tambah ilmu hehe..., ane juga ikut dapat ilmu dari blog Mas Djono ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas,mau nanya tv lcd polytron sy tiba2 layarnya mati dan suara masih ada,kira2 penyebabnya apa ya.
      Trimaksih.

      Delete
  5. Mas jono, suwun ya, dlu sya mnderita ketidak tahuan, smenjak saya ktmu mas jono, lcd sya bangkit lagi, ga pake uang cma btuh obeng minus, cpot soket switch byaaaar idup lg, tp buat gnti swith nya sya ga tau hrus bli dmana, jd ga tk psang n nyala trus ga mati2, hehe

    ReplyDelete
  6. solusi jitu mas, suwun ilmunya tararengkyu

    ReplyDelete
  7. Mas
    jika gambar lcd bergaris vertikal apa kerusakanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. layar lcd bergaris biasanya karena tidak nyambungnya kabel flexibel yang nempel di lcd, kalau belum parah putusnya bisa sembuh dengan menariknya dengan isolasi atu menjepit lcd dengan flexibel kabelnya.

      Delete
  8. mas..tv led samsung saya di on lampu sensor kedip2 tapi gambar tidak keluar..kenapa ya

    ReplyDelete
  9. mas, masalahnya sama seperti masalah saya.. dari layar moitor yg mati menyala sampai merk dan model monitornya yang sama persis..

    ReplyDelete
  10. LCD polytron blank setelah nyala 10 - 20 menit,,, mohon pencerahannya,,!!

    ReplyDelete
  11. tv led polytron 24'' saya st by.apa pun tak berfungsi bulan depan dihidupkan normal.klo dimatikan hidupkan lagi stby lagi.yang rusak bidang apanya ya.mohon pencerahan.

    ReplyDelete
  12. Mas...tv samsung led bergaris separo,trus yg paling bwh garisx berwarna ...knp ya mas...tlng infox

    ReplyDelete
  13. Mas...tv samsung led bergaris separo,trus yg paling bwh garisx berwarna ...knp ya mas...tlng infox

    ReplyDelete
  14. Mas...tv samsung led bergaris separo,trus yg paling bwh garisx berwarna ...knp ya mas...tlng infox

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. mas..saya harrie mau nanya ada kerusakan tv lcd 42in merk LG rusaknya standby kalau di idupin lampu indikator nya berkedip gimana solusinya ya mas kalau ada kesempatan mohon dibalas terima kasih

    ReplyDelete
  17. Saya baru x ini perbaiki tv led polytron suara ada gmbr bank biru barang x ada pengalaman apa nya yg ruksak?

    ReplyDelete
  18. makasih infonya :)


    Klik Sekarang www.serbabayar.com Nikmati Kemudahan Melakukan Pembayaran Listrik , BPJS secara Online Menggunakan Kartu Kredit. Mudah , Cepat Prosesnya. Yuk, Klik sekarang www.serbabayar.com

    ReplyDelete
  19. mau tanya mas saya punya monitor lcd accer x163w kalau di hdpkan nyala sebentar kemudian mati kedip2 kadang nyala lagi kira2 kerusakannya apa ? trima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  20. Mas ane mau tanya TV votre ane nyala trus mati lagi knapa ya mas minta solusi nya dong

    ReplyDelete