TV POLIYTRON U SLIM MATI TOTAL

TV POLIYTRON U SLIM MATI TOTAL

TV POLIYTRON U SLIM MATI TOTAL---- Mati total pada televisi beragam Beragam penyebabnya. Dan macam-macam kerusakan televisi yang menyebabkan mati total berdasar pengalaman saya telah saya posting di posting terdahulu, di posting TV DAN MONITOR MATI TOTAL POWE TIDAK KERJA Namun itu hanya sebatas yang saya ketahui berdasar pengalaman saya dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

Sedangkan kali ini saya akan berbagi pengalaman saat servis/memperbaiki Tv Polytron U Slim 21" Dengan keluhan mati total.

Sebelumnya Tv Polytron U Slim Yang kata peiliknya tidak mau meyala ini saya coba nyalakan, Tombol power dalam posisi on lalu jak power Tv Saya colokkan pada Stop Kontak dan terasa Crek Tanda Tegangan Masuk Namun Tv tak ada respon sama sekali dan dalam keadaan mati Total.

Setelah mengetahui gejala krusakan Tv Polyron Uslim ini langsung Saya bongkar casingnya dan pertama-tama saya shortkan elco power dengan  cara di jumper dengan Tang dan terjadilah ledakan karena tegangan potensial yang tersimpan di elco 330uf/400volt yang berada di power regulator. Dari tanda tandanya sepertinya kerusakan ada pada bagian power regulator.

Karena Tv Polytron U Slim ini masih baru dan solderan Kaki kaki komponennya terlihat masih bagus maka langsung Aku cek komponen-komponennya dengan ohm meter, namun Setelah saya cek dan di ukur-ukur dengan Ohm meter tidak terdeteksi kerusakannya.

Karena belum ketemu kerusakan maka iseng saya solder-solder di kaki kaki komponen di bagian power regulator setelah selesei penyolderan Tv Saya nyalakan dan LoEh... Kok mau nyala dengan normal... Tv di matikan dan dinyalakan beberapa kali normal normal saja. Tv Polytron U Slim yang Telah Nyala ini Saya Matikan dan didiamkan satu jam lalu di nyalakan dan mau start dan nyala normal, namun setelah di diamkan semalaman pagi harinya penyakit mati total kembali lagi.

Percobaan selanjutnya saya lakukan dengan memperkecil resistor Ohm Besar sebagai vcc Power regulator yang dari kaki Psitiv Elco utama Power suplay ke driver power dengan saya paralel Resistor Ohm Besar itu dengan resistor dengan ohm lebih besar sedikit. Setelah penambahan resistor dengan paralel pada resistor ohm besar untuk suplay driver power regulatur sehingga lebih kecil nilai resistansinya, Tv saya nyalakan dan mau Start dan nyala normal.

Kemudian Tv Polytron U Slim ini di diamkan sehari dan keesokan harinya saya nyalakan dan mau nyala normal. Alhamdulillah percobaan ngwur ngawuran ternyata membuahkan hasil dan menyelesaikan masalah Tv Polytron U Slim Mati total kali ini.

Demikian pengalaman yang bisa di bilang agak ngawur ini karena memang itu hanya coba coba saya dan alhamdulillah membuahkan hasil barangkali saja bermanfaat untuk rekan rekan yang kesasar di blog ini. Dan berdasar pengalaman lain penyebab tv mati total walaupun tidak ada komponen yang rusak pernah juga saya ganti dua transistor kecil pada optokopler yang sebenarnya tidak rusak namun Sembuh penyakit Mati total Pada Tv. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung di blog ini.


 ARTIKEL LAINNYA




Posted by Mus Jono, Published at 11:54 PM and have 5 komentar

5 komentar:

  1. Resistor yang ke basis yah mas? biasanya itu sering sekali putus, apalagi kalau nggak di serituh resistor.

    ReplyDelete
  2. mas, kalau tivi mati karena sering maen Playstation itu gimana ya? kok bisa rusak tvnya

    ReplyDelete
  3. Tlong dbntu mas...,maklum saya awam sama elektro !
    Brdsrkn pnjljhn d mbh google,bhw tv saya toshiba 14C2E1 mnglmi kruskn bgian vertikal dan biasanya kruskn pd toshiba tsb,pda elco 1uf 50v (hrus diganti).kmdian syapun mncobanya,tpi nihil mas !gk ada hasilnya
    Dan memang stlh sya ukur elco tsbt msh bgus, blm short /plgi kembung. Dan skln juga sya cek elco2 yg lainya msh dbgn vertikal,tp tdk klhtn ada kejanggalan alias smua msh normal !

    Brngkli mas dpt mmbrkn solusinya !trims

    ReplyDelete
  4. Itu tvnya matot ta..coba cek tr horizontal

    ReplyDelete
  5. Bang mohon bantuannya masalah tv kerusakan yang saya baca di atas.saya kurang mengerti keterangannya,coba kirim gambar cara mengganti resistor dan berapa om,atau letaknya dimana atau R berapa.sebap saya masi pemula bang.

    ReplyDelete